nusabali

75 Persen PPK di Jembrana Diisi Wajah Lama

  • www.nusabali.com-75-persen-ppk-di-jembrana-diisi-wajah-lama

KPU Jembrana melantik 25 anggota Panitia Pemilihan Kecmatan (PPK) dan 153 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Jembrana untuk Pilgub Bali 2018 di Wantilan Pura Jagatnatha Jembrana, Senin (6/11).

NEGARA, NusaBali

Dari 25 anggota PPK tersebut, 15 orang atau 75 persen di antaranya merupakan wajah lama, yang sudah pernah bertugas sebagai PPK untuk Pilkada Jembrana 2015 lalu. Tak hanya di Jembrana, KPU Klungkung kemarin juga lakukan pelantikan anggota PPK dan PPS untuk Pilgub Bali dan Pilkada Klungkung 2018.

Ketua KPU Jembrana, I Gusti Ngurah Agus Darmasanjaya mengatakan, 15 anggota PPK yang merupakan wajah lama tersebut berasal dari semua atau 5 kecamatan di Jembana. Bahkan untuk PPK Kecamatan Pekutatan dan Kecamatan Melaya, 4 orang adalah wajah lama atau hanya satu orang saja yang baru.

Begitu juga dengan 153 anggota PPS, yang masing-masing tersebar 3 orang di 51 Desa/Kelurahan se Kabupaten Jembrana, dominan merupakan wajah lama. Sebelumnya, pendaftaran anggota PPK serta PPS ini dibuka secara bersamaan pada 12 Oktober sampai 19 Oktober 2017.

Pendaftaran sempat diperpanjang karena pelamar masih kurang. “Kalau baru sekali periode mereka menjabat masih boleh. Aturannya melarang yang sudah dua kali periode menjabat penyelenggara Pemilu,” ujar Darmasanjaya. Sementara setelah dilantik kemarin, para anggota PPK dan PPS tersebut diberikan pembekalan mengenai tugas dalam menghadapi Pilgub 2018 oleh 5 komisioner KPU Jembrana.

Terpisah, Ketua KPU Klungkung I Made Kariada melantik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Klungkung, pada Senin (6/11) pagi. Dalam kesempatan itu juga dilakukan pengucapan sumpah/janji PPK dan PPS.

Setelah ini mereka akan mulai malaksanakan tugasnya untuk menyongsong Pilgub dan Pilkada Klungkung 2018 mendatang. Saat pelantikan tersebut, KPU baru melantik PPK dan PPS di tiga kecamatan yakni Kecamatan Klungkung, Dawan, dan Banjarangkan. Dengan jumlah 129 PPS dan 15 PPK.

Untuk di Kecamatan Nusa Penida, sebanyak 48 PPS dan 5 PPK akan dilantik pada Selasa (7/11) hari ini. “Semoga Pilgub dan Pilkada Klungkung 2018 bisa berjalan dengan aman dan baik,” ujar Ketua KPU Klungkung I Made Kariada, saat pelantikan tersebut. *ode, wan

Komentar