nusabali

Gelar Jalan Sehat Sambil Pungut Sampah Plastik

  • www.nusabali.com-gelar-jalan-sehat-sambil-pungut-sampah-plastik

Banyak cara untuk mengisi peringatan Sumpah Pemuda yang jatuh pada, Sabtu (28/10) kemarin.

Peringatan Sumpah Pemuda Desa Mambal dan AQUA


MANGUPURA, NusaBali
Salah satunya seperti dilakukan Desa Mambal, Kecamatan Abiansemal, dengan menggelar kegiatan jalan sehat sambil memungut sampah plastik. Pada kegiatan tersebut warga kurang mampu juga diberikan bantuan sembako menjelang Hari Raya Galungan.

Kegiatan ini mendapat support dari Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Badung bersama Gatriwara dan Perempuan Sarinah Kabupaten Badung.

Bahkan Ketua TP PKK Badung, Nyonya Seniasih Giri Prasta langsung hadir pada kesempatan tersebut. Selain istri Bupati Badung, hadir juga pada kesempatan tersebut anggota DPRD Badung I Made Ponda Wirawan, pihak Kecamatan Abiansemal, perangkat Desa Mambal, Desa Adat Mambal, dan Karang Taruna Dharma Santosa Desa Mambal, ibu-ibu PKK dan segenap tokoh masyarakat.

Suksesnya kegiatan ini juga didukung Perusahaan AQUA Mambal sebagai mitra yang berkolaborasi di lapangan, serta beberapa perusahaan lainnya yang ada di Desa Mambal.

“Kegiatan jalan santai ini selain dalam rangka mengisi Hari Sumpah Pemuda juga dalam rangka perayaan HUT Taruna Dharma Santosa Desa Mambal,” ujar Ketua Karang Taruna Santosa Desa Mambal, I Nyoman Sudiana.

Serangkaian dari kegiatan ini, terangnya, antara lain jalan sehat memungut sampah, senam aerobic dan penimpangan sampah plastik, hiburan artis Bali, pengundian lomba-lomba serta pengundian jalan sehat. Sementara Perbekel Desa Mambal, I Nyoman Sugiarta, menyatakan kegiatan jalan sehat memungut sampah adalah bagian dari upaya pihak desa dan stakeholder terkait dalam penyelenggaran kampanye dan kompetisi pengelolaan sampah. “Harapannya mengurangi jumlah sampah plastik di Desa Mambal,” terangnya.

Dikatakan lebih lanjut sepanjang kerjasama dengan Perusahaan Aqua Mambal tahun 2017, telah melakukan rangkaian kegiatan, seperti sosialisasi pengumpulan sampah plastik. Sosialisasi diberikan kepada kelopok PKK se-Mambal, siswa SD sampai dengan SMA, serta pengelola pasar tradisional.

“Selama tahun 2017 program ini telah berhasil mengumpulkan total 1.278 kg sampah, termasuk yang hari ini (kemarin) 265 kg,” ungkap Sugiarta. Tak hanya mengumpulkan sampah plastik, namun berbagai jenis barang kerajinan dari sampah plastik dan koran bekas telah berhasil dibuat antara lain berupa inka besar dan inka kecil lengkap dengan penutupnya, tas selempang dari bekas spanduk, tas kecil/tas makeup dan dompet dari kemesan sachet kopi, serta kotak pensil.

Sementara Anggota DPRD Badung I Made Ponda Wirawan mengharapkan program diinisiasi oleh pemerintah Desa Mambal dan AQUA Mambal bisa memicu pihak lain untuk ikut melakukan hal yang sama. Apresiasi juga disampaikan Nyonya Seniasih Giri Prasta. Pihaknya berharap kegiatan serupa berkelanjutan sehingga memberikan dampak positif terutama bagi masyarakat, karena lingkungan akan menjadi lebih bersih. *asa

Komentar