nusabali

Kenang Oky Lewat Video Pendek

  • www.nusabali.com-kenang-oky-lewat-video-pendek

Yang paling menyesakkan dada Tu Krisna, adalah ketika Tiari Bintang memberi tahu password ponsel Oky adalah ‘2501’

DENPASAR, NusaBali
Kehilangan Made Oky Arya Dinata, 16, adik satu-satunya artis Tiari Bintang tidak hanya dirasakan keluarga. Duka ini juga menyelimuti artis lainnya, KIS Band. Bahkan, vokalis KIS Band, Krisna Purpa atau yang akrab dipanggil Tu Krisna secara khusus membuatkan sebuah video pendek mengenang kepergian almarhum.

Almarhum Oky meninggal dunia akibat mengalami kecelakaan di Jalan Diponegoro, Denpasar Barat, Senin (16/10) malam lalu sekitar pukul 22.30 wita. Diduga karena kurang hati-hati, almarhum yang mengendarai sepeda motor kala itu oleng ke kiri hingga menabrak pohon perindang yang ada di sisi barat jalan, depan Pos Polisi Diponegoro. Oky sempat dilarikan ke RSUP Sanglah dalam kondisi kritis, namun beberapa saat kemudian korban dinyatakan meninggal dunia.

Dalam video pendek berdurasi satu menit yang diunggah di media sosial Instagram, Tu Krisna yang kerap berduet dengan Tiari Bintang ini melalui akun pribadinya @krisnapurpa nampak begitu kehilangan sosok alamarhum Oky. Kata-kata menyentuh, menyiratkan betapa dia menyayangi almarhum seperti keluarga sendiri. Video itu juga diunggah lebih lengkap di facebook melalui akun Krisna Purpa II berdurasi 2 menit 48 detik.

Bersama video itu, diselipkan pula lagu KIS yang merupakan lagu favorit Oky, yaitu ‘Malam’. Lagu Malam itu ada di album ketiga KIS. Kebetulan, lagu itu mewakili perasaan Krisna saat itu. Lagu Malam sendiri bercerita tentang ketidaksiapan seseorang dalam menghadapi kenyataan ditinggalkan orang yang disayang. Singkatnya, belum mampu move on untuk melihat dan menghadapi hari esok tanpa orang yang dicintai.

“Pertama saya dapat informasi dari manajer KIS. Saat pagi-pagi kita mau berangkat soundcek karena ada jadwal konser, Tiari tiba-tiba absen ikut nyanyi karena adiknya meninggal kecelakaan,” cerita Tu Krisna saat dihubungi melalui pesan Whatsapp kepada NusaBali, Rabu (25/10) sore.

Tu Krisna yang mendengar berita itu sontak terkejut. Pelantun lagu ‘Sabar’ itu langsung menelepon Tiari berkali-kali, namun tidak diangkat. Pikiran Krisna langsung buyar. “Akhirnya siang baru Tiari nelepon sambil nangis, bilang Okky, sang adik, sudah ninggalin kita. Sampai akhirnya kita manggung kayak nggak ada energy-nya, karena semua tim KIS merasa sangat kehilangan Oky,” tuturnya.

Di mata Krisna Purpa, Oky sudah dianggap seperti adik sendiri. Dia teringat bagaimana mengenal Oky sejak duduk di bangku SD hingga akhir hayatnya duduk di kelas VIII SMA. Banyak hal yang dilalui mereka berdua. Termasuk Oky banyak tahu cerita perjuangannya membesarkan KIS. “Dia tahu bagaimana perjuangan saya membesarkan KIS. Dia sering hadir waktu tiang dalam proses rekaman. Oky juga sering nganterin kakaknya ke studio pas rekaman atau nganter manggung pas ada show,” kenangnya.

Bahkan, Oky merasakan chemistry yang begitu dekat dengan Oky ketika tengah mengobrol apa saja, apalagi tentang musik. “Saya ngerasa nge-klik kalau ngobrol sama Oky. Dia orangnya pendiam tapi kreatif. Kami lebih sering ngobrol tentang musik karena Oky juga suka nyanyi. Nggak nyangka walau umurnya masih muda tapi wawasannya luas,” pujinya.

Baginya, Oky tidak hanya ramah, tetapi juga penyayang dan hormat, baik terhadap keluarga dan orang lain. “Orangnya ramah dan penyayang. Oky sangat sayang dan hormat sama kakaknya. Siapapun yang kenal sama dia, pasti nyambung kalau diajak ngobrol,” katanya.

Satu kenangan yang diingatnya, Oky pernah minta belajar bagaimana menulis lirik dan mencipta lagu. “Yang saya ingat, saya pernah ngbrol dengan Oky sampai agak pagi. Oky nanya gimana cara-cara dan tips nulis lirik dan menciptakan lagu. Katanya dia pengen coba-coba nulis dan bikin lagu,” ungkapnya.

Terakhir, yang menyesakkan dada Tu Krisna, adalah ketika tahu bahwa password ponsel Oky adalah ‘2501’. Angka ini adalah salah satu judul lagu KIS yang juga menjadi lagu favorit almarhum, selain lagu ‘Malam’. Begitu tahu judul lagunya menjadi password ponsel, dia pun tidak bisa menahan haru. “Sehari setelah meninggal, Tiari telepon, bilang kalau password HP Oky adalah 2501. Saya langsung nggak bisa nahan tangis. Istri saya juga ikut nangis. Kami sangat terharu. Semoga almarhum Oky mendapat tempat terindah di sisi Tuhan,” ucap pria satu putra ini. *in

Komentar