nusabali

Panitia Trauma Ada Peserta Meninggal

  • www.nusabali.com-panitia-trauma-ada-peserta-meninggal

Panitia peringatan hari-hari besar Kabupaten Gianyar, untuk peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72, 17 Agustus 2017, dipastikan tak menggelar lomba Gerak Jalan Joeang (GJJ)’45 dengan rute 45 kilometer. 

Gianyar Tak Gelar Gerak Jalan Joeang’45

GIANYAR, NusaBali 
Beberapa kalangan anak muda di Gianyar menduga, panitia HUT Kemerdekaan RI tahun ini tak menggelar GJJ’45 karena masih trauma dengan peristiwa salah seorang peserta regu GJJ’45 tahun 2016, meninggal saat berlomba.  

Informasi NusaBali, Minggu (13/8), sejumlah anak muda di Gianyar mempertanyakan lomba GJJ’45 tersebut. Mereka tak menduga lomba gerak jalan yang difavoritkan masyarakat itu ditiadakan panitia. ‘’Apakah panitia kapok dengan peristiwa ada peserta gerak jalan Joeang tahun lalu, meninggal,’’ tanya beberapa pemuda di Gianyar, Minggu (13/8).

Sebagaimana diketahui, Made Dita (alm), salah seorang siswa SMKN 1 Tegallalang asal Desa Kedisan, Kecamatan Tegallalang, Gianyar, ambruk, menjelang finish saat mengikuti Lomba GJJ’45, tahun 2016. Dia tak sadarkan diri sehingga dirujuk di RSUP Sanglah. Meskipun telah tiga hari dirawat di RSUP Sanglah, Dita akhirnya meninggal. 

Ketua Panitia Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 Kabupaten Gianyar I Wayan Suardana mengakui, untuk peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini, tak ada Lomba GJJ’45 tersebut. Pejabat asal Desa Keramas, Kecamatan Blahbatuh ini menjelaskan, 

dari sekian kali rapat panitia terkait materi kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ini, tak ada pihak yang mengusulkan materi lomba tersebut ke panitia. Dia membantah, kegiatan ini sengaja ditiadakan karena panitia trauma dengan adanya peserta regu Lonba GJJ’45 tahun lalu, meninggal. ‘’Tak ada istilah kapok atau trauma begitu. Ini karena memang tak ada pihak yang mengusulkan. Padahal, saya tekankan dalam rapat-rapat, untuk peringatan HUT Kemerdekaan RI Ini, ada peningkatan materi kegiatan,’’ jelasnya. 

Dihubungi terpisah, Ketua Umum KONI Gianyar Ketut Jagrasunu menjelaskan, setahunya pihak KONI tak ada diajak koordinasi oleh pihak panitia HUT Kemerdekaan RI Kabupaten Gianyar terkait akan ada atau tidak Lomba GJJ’45 itu. Dia meyakini, koordinasi panitia HUT RI dengan KONI Gianyar, saat KONI ini di bawah kepemimpinan Nyoman Arjawa. Karena dirinya baru beberapa bulan menjabat Ketua Umum KONI Gianyar. ‘’Saya kira Lomba Gerak Jalan Joeang’45 ini tak ada tahun ini. Bukan karena panitia trauma dengan peristiwa dulu. Mungkin karena memang tak ada anggaran atau lupa menganggarkan,’’ jelasnya.

Sebagaimana diketahui, peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 di Gianyar tahun ini, dimeriahkan dengan pelbagai kegiatan. Di antaranya, lomba gerak jalan siswa putra/putri mulai tingkat SD, SMP, SMA/SMK. *lsa

Komentar