nusabali

SMAN 2 Amlapura Juara Foster di UNBI

  • www.nusabali.com-sman-2-amlapura-juara-foster-di-unbi

AMLAPURA, NusaBali - Pasangan Ni Komang Nadila Anya Daniswari kelas X/7 dengan Aditya Chrisna Pratama kelas X/7 SMAN 2 Amlapura, dinobatkan sebagai juara lomba poster di Universitas Bali Internasional (UNBI) Denpasar, 22 April lalu. Kasek SMAN 2 Amlapura I Wayan Puja Astawa memaparkan hal itu di ruang kerjanya, Rabu (8/5).

Puja Astawa menjelaskan, awalnya berlomba secara online, setelah masuk 5 besar, diundang panitia, dalam lomba diselenggarakan Fakultas Bisnis Sosial Teknologi  dan Humaniora Universitas Bali Internasional Denpasar, serangkaian peringatan HUT ke-42.

Saat masuk 5 besar kemudian, kembali berlomba, mempresentasikan hasil karya poster, dengan tema manipulasi psikologi, dituangkan dalam bentuk gambar. “Kami bersyukur, ada siswa yang berbakat bidang desain grafis, selain memiliki bakat seni, juga dituangkan melalui teknologi,” jelasnya.

Poster katanya merupakan karya seni melalui desain grafis, guna menyampaikan pesan berupa edukasi, lengkap dengan keterangan gambarnya. Poster dalam bentuk gambar grafis, sesuai perkembangan teknologi bisa dipublikasikan di media sosial atau internet. Gambarnya sederhana, dengan menyajikan ide untuk mencapai satu tujuan pokok, dengan gambar yang menarik, juga tertuang slogan, dengan tulisan bervariasi.

Sebenarnya kata Puja Astawa, manfaat poster cukup banyak, sebagai media menyampaikan pesan untuk menarik perhatian publik, sebagai media informasi, media untuk berkreasi, media untuk kampanye dan lain-lain. “Hanya siswa cerdas yang mampu menuangkan ide dalam bentuk karya seni, yang menarik perhatian publik,” katanya.

Ni Komang Nadila Anya Daniswari siswi dari Banjar/Desa Gegelang, Kecamatan Manggis, mengatakan walau pertama kali ikut lomba, tetap optimis menang. “Sebab saya yakin dengan karya sendiri,” jelas alumnus SMPN 2 Amlapura tahun 2023. Rekannya Aditya Chrisna Pratama juga mengatakan demikian. “Selama ini saya bekerjasama berdua, saling mendukung,” jelas alumnus SMPN 2 Amlapura tersebut.

Di Universitas Bali Internasional itu sebenarnya bukan saja menggelar lomba poster tingkat SMA-SMK se-Bali, juga melaksanakan lomba debat tim dan perorangan. Tujuan utama menggelar lomba poster untuk meningkatkan kompetensi siswa, SMAN 2 Amlapura sendiri meraih skor tertinggi 1.950, sehingga berhak atas juara I. 7k16

Komentar