nusabali

Marga Siapkan Festival Marhen

Angkat Potensi dan Kuliner Khas 16 Desa

  • www.nusabali.com-marga-siapkan-festival-marhen

TABANAN, NusaBali - Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, akan menggelar festival untuk mengangkat potensi 16 desa di kecamatan ini. Festival yang diberi nama Festival Marhen ini akan digelar selama 4 hari, mulai 13 - 17 Juni 2024.

Selama itu pula potensi desa mulai dari kuliner hingga IKM akan terpajang di Lapangan Taman Pujaan Bangsa Margarana sebagai lokasi festival. 

Camat Marga I Gede Nyoman Sugiarta mengatakan persiapan untuk menggelar festival telah dilaksanakan. Festival yang digelar baru pertama kali ini akan mengambil tema Marga Festival Marhen. "Kenapa Marhen karena kita melaksanakan serangkian dengan Bulan Bung Karno," ujarnya, Minggu (5/5). 

Disebutkan, latar belakang digelarnya festival untuk menunjukkan persatuan 16 desa di Marga. Sebab banyak desa sekarang menggelar festival tersendiri, sehingga ada usulan dan sepakat menggelar festival tingkat kecamatan. "Kita buat tinggkat kecamatan biar lebih kompak, biar lebih bersatu," sebutnya. 

Nantinya selama festival ini ada beragam kegiatan yang dipentaskan. Bukan semata-mata untuk memberikan hiburan namun ingin mengenalkan kesenian, potensi desa, wisata hingga kuliner desa khas Marga terhadap masyarakat. "Kegiatan nanti ada juga parade barong bangkung, fun bike, fun run, lomba tingkat sekolah hingga lomba E-sport," beber Sugiarta. 

Dia berharap lewat festival ini nantinya seluruh potensi desa hingga wisata di Kecamatan Marga makin terekspos yang bermuara bisa meningkatkan ekonomi kerakyatan. "Karena nanti untuk kegiatan fun bike, fun run itu rutenya menyusuri sejumlah tempat wisata desa yang masih tersembunyi," tandasnya.7des

Komentar