nusabali

Dana Pengamanan Rp 12,6 M Segera Cair

Pilkada Buleleng 2024

  • www.nusabali.com-dana-pengamanan-rp-126-m-segera-cair

SINGARAJA, NusaBali - Anggaran pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 untuk Kabupaten Buleleng akan segera cair. Dana hibah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng sebesar Rp 12,6 miliar akan didistribusikan kepada Polres Buleleng dan Kodim 1609/Buleleng.

Rencana pencairan hibah pengamanan Pilkada diawali dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) serentak se-Bali pada Senin (29/4) di Gedung Wisma Sabha Utama Kantor Gubernur Bali. Penandatangan NPHD Kabupaten Buleleng dilakukan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Komang Kappa Tri Aryandono, Kapolres Buleleng AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi, dan Komandan Kodim (Dandim) 1609/Buleleng Letkol Kav. Angga Nurdyana dengan disaksikan Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana.

Dari total hibah pengamanan Pilkada Rp 12,6 miliar akan didistribusi sebesar Rp 9,2 miliar untuk Polres Buleleng dan sisanya Rp 3,4 miliar untuk Kodim 1609/Buleleng. Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana mengatakan, pencairan hibah pengamanan Pilkada akan dicairkan paling lambat 14 hari setelah penandatangan NPHD.

Pencairan dilakukan di awal tahapan Pilkada sebagai upaya pemerintah berkomitmen menyukseskan seluruh tahapan berjalan lancar. “Dana tersebut telah kita siapkan dalam APBD 2024. Sehingga, pencairannya tidak memerlukan waktu yang lama,” ujar Lihadnyana.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra dalam sambutannya menyebutkan penandatanganan NPHD secara serentak dan terpusat ini tidak hanya seremonial. Namun wujud tingkat kesiapan yang sama antar pemerintah daerah terkait dengan pengamanan Pilkada.

“Ini dilaksanakan serentak untuk memastikan langkah yang diambil telah sama. Jadi, tidak ada yang tertinggal. Termasuk penyediaan anggaran untuk Pilkada. Baik itu untuk KPU, Bawaslu, dan pengamanan,” ungkap Dewa Indra.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Buleleng untuk persiapan dana Pilkada menyiapkan total anggaran Rp 68.178.337.700. Anggaran tersebut disiapkan dalam dua tahun anggaran, yakni di APBD 2023 dan APBD 2024. Dana Pilkada tahap 1 sebesar Rp 28 miliar atau 40 persennya sudah cair pada bulan November 2023 lalu. Sisanya Rp 40 miliar lebih atau 60 persennya dicairkan tahun ini.

Anggaran Pilkada 2024 dirinci masing-masing Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buleleng Rp 45,30 miliar lebih, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rp 10,27 miliar lebih, TNI Rp 3,40 miliar dan Polri Rp 9,2 miliar.7 k23

Komentar