nusabali

Januari-April, 1.370 Kasus DBD

  • www.nusabali.com-januari-april-1370-kasus-dbd

Pemerintah menggugah peran serta masyarakat mencegah DBD dengan 3M Plus.

GIANYAR, NusaBali
Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Gianyar cenderung meningkat di tahun 2024. Dari Januari hingga April tercatat sebanyak 1.370 kasus. Pada Januari 294 kasus, Pebruari 266 kasus, Maret 326 kasus, dan dari tanggal 1-22 April 2024 sebanyak 484 kasus. Kadis Kesehatan Kabupaten Gianyar, Dra Ni Nyoman Ariyuni, mengingatkan masyarakat meningkatkan kewaspadaan dengan upaya pencegahan.

Upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit DBD di Kabupaten Gianyar dipertegas melalui Surat Edaran Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gianyar tertanggal 5 Januari 2024. Surat edaran ditujukan kepada camat, perbekel/lurah, dan Kepala UPTD Puskesmas se-Kabupaten Gianyar. Pemerintah menggugah peran serta masyarakat melakukan pencegahan DBD. Dalam surat edaran telah diuraikan peran masing-masing instansi, stakeholder, maupun masyarakat dalam pemberantasan penyakit DBD.

Keterlibatan lintas sektor dan masyarakat secara berkesinambungan dan terus menerus untuk melaksanakan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan 3M Plus. Menutup rapat semua tempat penampungan air, menguras bak air, dan mendaur ulang barang-barang bekas yang bisa menjadi tempat perindukan nyamuk. Ditambah dengan mencegah perkembangbiakan nyamuk seperti memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, memasang kawat kasa pada ventilasi dan jendela, serta menaburkan bubuk larvasida. 

Pelaksanaan penyelidikan epidemiologi kejadian DBD dengan pemantauan tempat-tempat yang potensi menjadi tempat perindukan nyamuk oleh petugas Puskesmas beserta Kader Jumantik. Sosialisasi pencegahan dan pengendalian penyakit DBD kepada masyarakat, baik secara individu. rumah ke rumah, sekolah, maupun pada kelompok masyarakat. Pelatihan peningkatan kapasitas Kader Jumantik oleh pemerintah desa, fogging fokus pada daerah indikasi yang ada peningkatan kasus DBD.

Iklan layanan masyarakat bekerja sama dengan salah satu stasiun televisi swasta tentang waspada demam berdarah. Pemantauan pelaksanaan PSN oleh pemerintah desa maupun kelurahan se-Kabupaten Gianyar di masing-masing banjar maupun lingkungan secara berkala. Upaya pencegahan dengan fogging juga gencar dilakukan seperti di Banjar Buruan, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Senin (29/4). Fogging oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar didampingi Babinsa untuk mencegah dan menekan menyebarnya nyamuk pembawa virus DBD di wilayah Desa Buruan. 7 nvi

Komentar