nusabali

70 Meter Pipa PDAM Tergerus Longsor

  • www.nusabali.com-70-meter-pipa-pdam-tergerus-longsor

BANGLI, NusaBali - Jalan putus di Banjat Malet Tengah, Desa Tiga, Kecamatan Susut, Bangli, beberapa hari lalu, menyebabkan 70 meter pipa milik Perumda Air Minum Tirta Danu Arta (PDAM) Bangli, ikut tergerus longsor. Akibatnya, PDAM ini mengalami gangguan pendistribusian air.

Kabag Teknik Perumda Air Minum Tirta Danu Arta Ida Bagus Prenawa mengatakan badan jalan putus akibat longsor juga menggerus jaringan pipa distribusi. Panjang jaringan pipa distribusi diameter 2 inci yang tergerus longsong sekitar 70 meter.

"Setelah kejadian tersebut pendistribusian air di wilayah Malet Tengah dan Malet Gusti sempat terganggu," jelasnya Minggu (14/4).

Guna menghindari terjadi krisis air, manajemen  perusahaan ini segera turun memperbaiki. Melihat kondisi di lapangan  maka pemasangan pipa pengganti tidak lagi memanfaatkan jalur sebelumnya. Akan tetapi dibuatkan jalur baru dengan melewati areal tegalan milik warga. 

Menurut IB Prenawa, proses perbaikan memakan waktu selama satu hari penuh dan kini pendistribusian air sudah kembali normal. "Masyarakat merespon dengan baik upaya perbaikan yang kita lakukan, mereka tidak mempermasalahkan lahan digunakan untuk jalur pipa,” ungkapnya. 

Tidak dipungkiri sering kali terjadi jaringan pipa hancur karena tergerus atau tertimbun material longsor. Kondisi ini terjadi karena jalur pipa  memanfaatkan bantaran sungai dengan tebing yang tinggi, sehingga ketika terjadi hujan kerap kali tebing tersebut longsor dan menerjang jaringan pipa.7esa

Komentar