nusabali

Kecelakaan Maut Bus Rosalia Indah di Tol Semarang-Batang, 7 Orang Meninggal

  • www.nusabali.com-kecelakaan-maut-bus-rosalia-indah-di-tol-semarang-batang-7-orang-meninggal

SEMARANG, NusaBali.com - Kecelakaan maut terjadi di ruas Tol Semarang-Batang, tepatnya di KM 370 wilayah Kabupaten Kendal, pada Kamis (11/4) pagi. Sebuah bus Rosalia Indah yang mengangkut 34 penumpang mengalami kecelakaan tunggal dan mengakibatkan 7 orang meninggal dunia.

Kabidhumas Polda Jawa Tengah Kombes Satake Bayu Setianto menjelaskan, kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 06.35 WIB. Bus bernopol AD 7019 OA yang melaju dari arah barat ke timur (Jakarta menuju Semarang) keluar jalur dan masuk ke parit di sisi kiri jalan.

Dugaan sementara, kecelakaan terjadi karena sopir bus mengantuk. "Bus mengangkut 34 penumpang, termasuk sopir dan kondektur," kata Satake.

Tujuh korban meninggal dunia dievakuasi ke RS Islam Weleri, Kabupaten Kendal. Sementara 15 penumpang lainnya mengalami luka-luka.

Kakorlantas Irjen Pol. Aan Suhanan menduga kecelakaan tersebut terjadi karena sopir bus kelelahan. "Dugaan awal sudah lelah. Kemungkinan terjadi 'microsleep' di TKP sehingga terjadi kecelakaan tunggal," kata Aan saat mengunjungi korban di RS Islam Kendal.

Berdasarkan keterangan sopir, Jalur Widodo, bus sempat bermasalah dan diganti di KM 227 ruas Tol Pejagan-Palimaman. Namun, sopir tidak diganti.

Bus tersebut mengangkut penumpang dari Bekasi dengan tujuan Jawa Timur.

PT Jasamarga Semarang Batang bergerak cepat melakukan evakuasi dan berkoordinasi dengan Kepolisian.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Imbauan kami, pastikan kondisi kendaraan laik jalan dan istirahatlah di tempat yang disediakan jika merasa lelah," kata Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang Nasrullah.

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat 1.368.243 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-7 hingga H-1 Lebaran 2024. *ant

Kronologi Kecelakaan:
  • Pukul 06.35 WIB, Bus Rosalia Indah melaju dari arah barat ke timur di Tol Semarang-Batang.
  • Sopir diduga mengantuk dan kehilangan kendali.
  • Bus keluar jalur dan masuk ke parit di sisi kiri jalan.
  • 7 orang meninggal dunia dan 15 orang luka-luka.
  • Korban dievakuasi ke RS Islam Weleri.
  • Dugaan penyebab: sopir kelelahan dan microsleep.
  • Bus sempat bermasalah dan diganti di KM 227 Tol Pejagan-Palimaman.

Komentar