nusabali

STY Targetkan Lolos Delapan Besar

Timnas U-23 Pemanasan Lawan UEA, Senin Malam

  • www.nusabali.com-sty-targetkan-lolos-delapan-besar

Dari 24 pemain timnas senior di Piala Asia 2023 dan Kualifikasi Piala Dunia 2026, itu kan ada 9-11 pemain U-23. Artinya mereka sudah bermain di level yang lebih tinggi. Jadi kita harus kasih harapan.

DUBAI, NusaBali
Ketua PSSI, Erick Thohir mengungkapkan, pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, tetap menargetkan lolos ke babak delapan besar Piala Asia U-23. Sebab misi melangkah dari Grup A sangat berat. Selain Qatar, Garuda Muda juga akan melawan Australia dan Yordania.

"Kan Timnas Indonesia U-23 yang bermain sebelas pemain, bukan dua. Jadi dengan tim yang ada, harus siap," ujar Erick Thohir dalam akun Instagramnya, @erickthohir.

"Tim ini harus melihat mata musuh-musuhnya kita juga manusia, kita juga bisa bermain. Coach Shin Tae-yong tetap menargetkan lolos dari penyisihan grup Piala Asia U-23. Itu saya apresiasi," ungkap Erick Thohir.

Erick Thohir juga menyinggung kemungkinan Timnas U-23 menembus semifinal Piala Asia U-23 yang akan membuka jalan buat melenggang ke Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

Juara, runner-up, dan tim peringkat ketiga terbaik Piala Asia U-23 bakal mendapatkan tiket ke Olimpiade 2024. Sedangkan tim posisi keempat bakal beradu di babak play-off dengan pemilik ranking keempat Piala Afrika U-23 2023, Timnas Guinea U-23.

"Kalau ternyata bisa lolos sampai ke semifinal Piala Asia U-23, itu luar biasa. Kalau bisa masuk tiga besar, kita ke Olimpiade 2024. Ini sesuatu yang menurut saya bukan mimpi di awang-awang," ucap Erick Thohir.

"Kenapa? Dari 24 pemain timnas senior di Piala Asia 2023 dan Kualifikasi Piala Dunia 2026, itu kan ada 9-11 pemain U-23. Artinya mereka sudah bermain di level yang lebih tinggi. Jadi kita harus kasih harapan," terang Erick Thohir.

Dari 28 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas U-23 proyeksi Piala Asia U-23, 14 di antaranya memang berstatus personil timnas senior di Piala Asia 2023 dan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sedangkan bek timnas U-23 Indonesia Bagas Kaffa mengatakan seluruh pemain mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi Piala Asia U-23 di Qatar.

Bagas Kaffa mengaku semua persiapan berjalan dengan baik, sehingga kondisi tim sangat siap untuk bertarung dalam turnamen tersebut.

"Saya rasa tidak ada kendala. Cuacanya juga bagus. Cukup baik semuanya. Kami mempersiapkan diri dengan baik, semoga hasilnya juga baik," kata Bagas.

Bagas menambahkan, para pemain telah menjalani berbagai variasi latihan sebagai persiapan, mulai dari rondo, core, dan taktikal.

 "Tentunya harus percaya diri dan yakin bahwa kami bisa dan mampu. Kami melakukan yang terbaik dan akan berusaha semaksimal mungkin," ujar pemain dari klub Barito Putera itu.

Sementara itu, Timnas U-23 akan menjalani satu lagi laga ujicoba melawan Uni Emirat Arab (UEA) pada Senin (8/4), di Dubai. Sebelum menantang UEA, tim Garuda muda kalah 1-3 dari Arab Saudi.

Tim UEA U-23 dipimpin pelatih asal Uruguay, Marcelo Broli, yang pernah menjadi arsitek sementara Timnas Uruguay pada 2023 dan menakhodai Timnas Uruguay U-20 pada 2022-2023.

Timnas U-23 akan memulai kiprahnya dengna menghadapi tuan rumah Qatar pada 15 April, kemudian Australia pada 18 April, dan menghadapi Yordania pada 21 April 2024. Sedangkan TC Timnas U-23 di Dubai akan berjalan hingga 10 April 2024.

Duel melawan UEA akan menjadi pelajaran berharga bagi Timnas U-23. Sang tuan rumah adalah tim tangguh di level ini. Sepanjang Piala Asia U-23 yang baru digelar pada 2013, UEA U-23 empat kali lolos ke putran final. Namun, pada edisi terakhir, mereka tersingkir di penyisihan grup. 7

Komentar