nusabali

Terminal Mengwi Uji Kelayakan Bus AKAP

  • www.nusabali.com-terminal-mengwi-uji-kelayakan-bus-akap

MANGUPURA, NusaBali - Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Bali di Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Mengwi, Kabupaten Badung, Bali menguji kelayakan armada bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang melayani angkutan Lebaran 2024.

“Apabila ada yang tidak sesuai, kami berikan surat peringatan kepada perusahaan otobus (PO),” kata Pengawas Terminal Tipe A Mengwi Ardani Nirwesti di Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, seperti dilansir Antara, Sabtu.

Pengujian itu dilakukan secara acak untuk bus AKAP yang hendak berangkat dan dilaksanakan langsung di area terminal keberangkatan. Di Terminal Tipe A Mengwi ada enam petugas pengujian yang bertugas secara bergiliran mengecek sejumlah indikator bus.

Penguji Kendaraan Bermotor Terminal Tipe A Mengwi, Wisnu Mahendra menambahkan sejumlah indikator yang dicek itu di antaranya instrumen lampu kendaraan baik depan dan belakang bus.

Kemudian, rem, kaca depan, ketebalan ban, penyeka kaca atau wiper, hingga dokumen kendaraan misalnya kartu pengawasan izin penyelenggaraan angkutan AKAP atau izin trayek dan memeriksa kartu uji kir serta surat izin mengemudi (SIM) sopir.

“Pengecekan ini penting untuk memastikan kepatuhan dan keselamatan lalu lintas,” kata Wisnu Mahendra.

Sementara itu, berdasarkan data Terminal Tipe A Mengwi, arus mudik sudah mulai terlihat sejak 29 Maret 2024. Ada pun jumlah pemudik yang berangkat dari terminal itu per hari rata-rata mencapai 2.400-2.800 orang yang diangkut hingga 90 armada bus.

Pada hari biasa, jumlah penumpang yang berangkat sekitar 700-800 orang menggunakan hingga 50 armada bus.

Pengelola Terminal Tipe A Mengwi memperkirakan puncak arus mudik terjadi pada Sabtu (6/4) dan arus balik pada 13-14 April 2024.

Untuk rute paling banyak yang dituju adalah keberangkatan menuju kota-kota di Jawa Timur yakni Jember, Banyuwangi, Surabaya, Malang, kemudian Yogyakarta, beberapa kota di Jawa Tengah dan Jakarta.7

Komentar