nusabali

Penumpang Bus Pahala Kencana yang Terbakar Tiba di Terminal Mengwi Malam Ini

  • www.nusabali.com-penumpang-bus-pahala-kencana-yang-terbakar-tiba-di-terminal-mengwi-malam-ini

MANGUPURA, NusaBali.com - Sebanyak 34 penumpang dan 4 kru bus Pahala Kencana yang terbakar di Tol Jombang-Mojokerto, Jawa Timur, pada Rabu (17/4/2024) pagi, diperkirakan tiba di Terminal Mengwi, Kabupaten Badung, malam ini.

Puluhan penumpang dan kru bus yang mengalami insiden pagi tadi tidak mengalami luka-luka serius. Para penumpang ini berhasil dievakuasi dengan cepat oleh petugas kru sesaat setelah api mulai membesar dari bagian ban belakang mobil.

Meskipun selamat dari insiden tersebut, para penumpang harus kehilangan barang bawaan mereka yang terbakar di bagasi bus.

Pihak Pahala Kencana pun menyediakan bus pengganti dari Malang. “Diperkirakan seluruh penumpang yang selamat tersebut tiba di Terminal Mengwi sekitar pukul 22.00 WITA,” kata Terry Yudi, Ticketing Operasional Bus Pahala Kencana di Kantor Pusat Bus Pahala Kencana, Jalan Raya Kuta No. 16 M, Kuta, Badung,  Rabu sore.

Sebelumnya diberitakan kebakaran menimpa bus Pahala Kencana jurusan Bandung-Denpasar pada pukul 05.50 WIB di KM 705, Desa Blimbing, Kesamben, Kabupaten Jombang.

Api diduga berasal dari ledakan pada dua ban belakang sebelah kanan yang menyebabkan bus oleng dan ban bergesekan dengan pagar pembatas tol, sehingga menimbulkan percikan api.

Percikan api kemudian membakar ban kanan belakang bus dan merambat ke selang solar, membuat kobaran api semakin besar dan meluas ke bagian mesin hingga depan bus.

Kru bus sempat berupaya memadamkan api dengan alat seadanya, namun tidak berhasil.

Akhirnya, petugas Damkar setempat datang dan memadamkan api. Para penumpang berhasil dievakuasi dengan selamat sebelum api membesar.

Meskipun bus terbakar, pihak Pahala Kencana tetap mengakomodasi perjalanan para penumpang menuju Bali dengan menggunakan satu armada bus dari Malang.

Sayangnya, para penumpang harus kehilangan barang bawaan mereka yang terbakar di bagasi bus.

"Barang bawaan saja yang terbakar tapi tidak semua. Rata-rata barang bawaan yang terbakar ini berada di bagasi bus," kata Terry. *ol4


Komentar