nusabali

Arus Balik di Terminal Mengwi Mulai Ramai, Penumpang Keluhkan Tiket Pesawat Ludes

  • www.nusabali.com-arus-balik-di-terminal-mengwi-mulai-ramai-penumpang-keluhkan-tiket-pesawat-ludes

MANGUPURA, NusaBali.com - Terminal Mengwi di Kabupaten Badung, Bali mulai ramai dipadati pemudik arus balik Lebaran. Hal ini dikarenakan libur dan cuti bersama Idul Fitri akan berakhir pada Senin (15/4/2024).

Pengawas Terminal Mengwi Ardani Nirwesti memprediksi bahwa arus balik mulai terjadi Minggu (14/4/2024) hari ini. Data sementara menunjukkan bahwa hingga pukul 10.00 WITA, tercatat 1.343 orang penumpang yang tiba di terminal menggunakan 48 bus dari berbagai kota di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

Sementara itu, jumlah penumpang yang berangkat dari Bali pada periode yang sama mencapai 252 orang dengan 11 bus. Jumlah ini lebih rendah dibandingkan dengan hari sebelumnya, Sabtu (13/4/2024), di mana 1.646 orang meninggalkan Bali menggunakan 74 bus.

Penurunan jumlah penumpang yang berangkat kemungkinan besar disebabkan oleh habisnya tiket pesawat untuk rute Bali-Jakarta pada periode Minggu hingga Selasa (16/4/2024). Hal ini mendorong beberapa pemudik untuk memilih alternatif transportasi darat seperti bus.

Salah satu penumpang yang menggunakan bus untuk arus balik, Iqbal, mengungkapkan bahwa ia terpaksa naik bus karena tiket pesawat sudah habis.

"Saya baru berlibur di Bali dan kebetulan tiket pesawat sudah habis sehingga saya kembali ke Jakarta naik bus," kata Iqbal.

Untuk memastikan kenyamanan pemudik arus balik, petugas kebersihan Terminal Mengwi melakukan pembersihan lantai dan toilet secara berkala.

Sementara itu, Mabes Polri memperkirakan puncak arus balik akan terjadi pada Minggu (14/4) hingga Senin (15/4). Masyarakat diimbau untuk terus memantau informasi mengenai arus balik dari kepolisian dan disarankan untuk beristirahat setelah mengemudi selama empat jam.

Arus balik Lebaran tahun ini diperkirakan akan membawa jutaan pemudik kembali ke daerah asal mereka. Diharapkan dengan persiapan yang matang, arus balik dapat berjalan lancar dan aman bagi semua pemudik. *ant

Komentar