nusabali

Timnas Putri Kalahkan Southernwolves

Empat Pemain Bali Ikuti TC SEABA U-18, di GOR Merpati

  • www.nusabali.com-timnas-putri-kalahkan-southernwolves

DENPASAR, NusaBali - Timnas basket putri U-18 akan menjalani tiga laga ujicoba sebelum bertolak ke Thailand untuk bersaing di kompetisi Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) U18 pada akhir Mei nanti. Dalam uj coba di GOR Merpati Bali, mereka mengalahkan tim lokal Southernwolves U-16 Putra, dengan margin tipis, 62-60.

Para pemain direkrut melalui seleksi dari seluruh Indonesia pada 22-24 Maret. Mereka melakukan pemusatan latihan (TC) sejak 25 Maret, dengan diikuti 18 pebasket putri. Empat dari 18 pemain berasal dari Bali, yakni yakni I Gusti Ayu Krisabela, Putu Kezia Angelie Setiawan, Putu Kezia Angelie Setiawan, dan Komang Mariani Puteri Sekar Sari.

Menurut Manajer Timnas Basket Putri U-18 Dedy Setiawan, saat ini para pemain sedang melakukan penyesuaian dengan sistem yang dikembangkan oleh pelatih. Timnas ini dilatih Kepala Pelatih Bambang Asdianto Pribadi.

Dedy mengatakan timnas basket putri U-18 diagendakan menghadapi tiga laga uji coba yang sudah dilakukan sejak awal pekan. Setelah lawan 

Southernwolves U-16, kata Dedy, akan ada dua uji coba lagi, sehingga total tiga ujicoba selama TC di Bali ini.

Dari evaluasi tim pelatih, kata Dedy, para pemain masih belum sempurna dalam pertahanan. Mereka dinilai kurang cekatan dalam menutup pergerakan lawan sehingga mudah berada dalam tekanan.

“Untuk defense, anak-anak masih kurang cepat. Harus mau bekerja lebih awal sebelum lawan kuasai bola. Sedangkan saat offense, para pemain masih banyak yang belum berani bermain lepas. Mereka belum berani mengambil peran saat berada di lapangan,” kata Dedy.

Dedy juga menggarisbawahi aspek penguasaan bola karena masih di bawah 40 persen. “Pada TC tahap pertama ini kami ingin mencari pemain-pemain yang sanggup beradu di level Asia dan yang bisa adjust dengan sistem pelatih,” ucap Dedy.

Timnas basket putri U-18 disiapkan PP Perbasi untuk menghadapi kejuaraan internasional di tahun ini. Beberapa jadwal kejuaraan yang diikuti adalah SEABA U-18 Thailand pada 24-26 Mei. Lalu pada 24-30 Juni, bersaing di FIBA U-18 Women’s Asia Cup 2024 Division A di Senzhen, China.

Awal mula pembentukan tim dilakukan melalui seleksi nasional pada 22-24 Maret. Sebanyak 54 pemain diseleksi di GOR Merpati Bali. Para pemain seleksi merupakan pemain hasil pencarian bakat di berbagai kejuaraan yang telah berlangsung ditambah pemain rekomendasi Pengurus Provinsi Perbasi dari seluruh Indonesia. *

Komentar