nusabali

Siswa SMAN 1 Bangli Boyong Medali

Berlomba dalam Ajang IPITEX di Thailand

  • www.nusabali.com-siswa-sman-1-bangli-boyong-medali

BANGLI, NusaBali - Siswa SMAN 1 Bangli mengikuti lomba di ajang International Intellectual Property, Invention, Innovation and Technology Exposition (IPITEX) di Thailand. Dalam ajang tersebut, tim SMAN 1 Bangli sukses memboyong medali dan penghargaan.

Hal tersebut diungkapkan guru pembina tim SMAN 1 Bangli I Wayan Januariawan, Minggu (11/2). Ajang IPITEX Thailand Inventors Day berlangsung 2 - 6 Februari 2024. Thailand Inventors Day bertujuan untuk meningkatkan kreativitas serta daya cipta melalui kompetisi di bidang penemuan. Thailand Inventors Day merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh The National Research Council of Thailand (NRCT) sejak tahun 1995.

Wayan Januariawan mengatakan tim SMAN 1 Bangli terdiri dari Ni Kadek Kira Dwikayani, Ni Luh Made Divani Aisyawari, Made Adella Divya Jayanti, Sang ayu Shohan April Yasa, AA Istri Clarisa Anjani Savitri, dan Sang Ayu Ketut Trisna Pradina Putri. 

Dalam ajang tersebut, tim SMAN 1 Bangli berkesempatan untuk on stage untuk memperkenalkan produk yang berhasil dibuat. Para siswa ini menampilkan  produk berupa biodegradable detergen atau detergen yang ramah lingkungan dari daun jempiring dan daun pepaya.


Menurutnya, dalam presentasi on stage hanya beberapa tim saja yang mendapat kesempatan. "Siswa kami berkesempatan persentasi di panggung. Selama kegiatan tidak ada kendala. Karena semua sudah dipersiapkan dengan baik sebelum berangkat ke Thailand," sebutnya.

Lanjutnya, dalam ajang di Thailand ini ada banyak award. Penghargaan ada yang no medal (tanpa medali) dan medal prize (bronze, silver, gold). Selain itu juga beberapa penghargaan dari organisasi yang ikut di IPITEX Thailand Inventors Day 2024.

Dari hasil presentasi siswa di depan juri, pihaknya  memperoleh penghargaan Gold Prize dan special award dari 2 organisasi. Special award Lao Inventors, Laos dan dari Satit Chula Innovation Society, Thailand. "Award sebagai bentuk apresiasi terhadap produk kami. Disamping itu kami juga mendapatkan kesempatan presentasi," kata pria yang merupakan guru mata pelajaran kimia ini. 

Lanjutnya, atas pencaian ini tentu para siswa sangat senang karena mereka dapat memperoleh gold prize dan spesial award lainnya. "Mereka merasa usaha dan kerja keras mereka terbayarkan dengan hasil ini," ujarnya. 

Wayan Januariawan menambahkan jika para siswa berharap  ke depannya dapat mengikuti kembali ajang internasional yang lain untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan dan keterampilan mereka khususnya dalam bidang riset dan inovasi. 

"Untuk lomba berikutnya belum didiskusikan, semoga ada jalan mengikuti lomba atau ajang selanjutnya di negara yang berbeda," imbuhnya.7esa

Komentar