nusabali

Ayo, Cetak Sejarah Lolos Olimpiade

STY Tuntut Pemain Tampil Maksimal di Piala Asia U-23

  • www.nusabali.com-ayo-cetak-sejarah-lolos-olimpiade

Ada kesempatan sejarah yang dapat kita lakukan sama-sama, untuk pertama kalinya, bukan tidak mungkin, kalau kita fight untuk coba tembus Olimpiade 2024 di Paris.

JAKARTA, NusaBali
Ketua Umum PSSI Erick Thohir meminta Timnas Sepakbola Indonesia berjuang mengukir sejarah dengan lolos kualifikasi untuk berkompetisi Olimpiade Paris 2024.

"Ada kesempatan sejarah yang dapat kita lakukan sama-sama, untuk pertama kalinya, bukan tidak mungkin, kalau kita fight untuk coba tembus Olimpiade 2024 di Paris," ujar Erick Thohir, dalam pertemuan dengan pelatih Shin Tae-yong beserta para pemain Timnas U-23 Indonesia melalui akun Instagram: @erickthohir, Senin (1/4).

Erick Thohir mengajak para punggawa skuad Garuda agar kembali membuat sejarah prestasi sepakbola Indonesia seperti yang ditorehkan saat menjadi juara SEA Games 2023. Dalam pertemuan itu, Erick juga melontarkan pertanyaan kepada para pemain timnas, "Siapa yang pernah buat sejarah sama-sama kita di SEA Games? Mau buat sejarah lagi?".

Pertanyaan itu disambut dengan jawaban yang kompak dari para pemain timnas yang mengatakan mau membuat sejarah. Erick juga mengatakan, PSSI, pelatih Shin Tae-yong, serta ofisial masih tidak puas dengan hanya juara di SEA Games. Dia berkeyakinan para pemain juga memiliki perasaan ketidakpuasan yang sama.

Menurut Erick, ada impian lebih besar lagi dalam menorehkan prestasi di Piala Asia U-23 2024, yang sekaligus jadi ajang kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Erick mengakui timnas akan menghadapi lawan berat di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania. 

Pelatih Tim Garuda Muda Shin Tae-yong menegaskan upaya maksimal harus diperlihatkan Timnas U-23 dalam Piala Asua U-23 di Qatar, mulai 15 April 2024.

PSSI juga merilis 28 pemain muda yang dipanggil STY untuk pemusatan latihan Timnas U-23 di Dubai, Uni Emirat Arab, mulai 1 April hingga menjelang Piala Asia U-23. Dari 28 pemain, 22 di antaranya pemain muda terbaik yang dimiliki klub-klub Liga 1.

Skuad Timnas U-23 juga akan menjalani dua laga uji coba di Uni Emirat Arab. Dua negara yang jadi lawan ujicoba dalam TC tersebut, yakni Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

STY pun menegaskan komitmennya memberikan yang terbaik dan maksimal bersama Tim Garuda Muda di Piala Asia U-23 setelah mendapatkan para pemain terbaik yang mungkin dimilikinya.

"Memang sulit bagi klub melepas pemain saat liga berlangsung. Namun, setelah pemain dilepas, saya berpikir harus berusaha maksimal untuk memajukan sepak bola Indonesia lebih baik dari sekarang,"kata STY, STY, di laman resmi PSSI.

Sementara itu, Persija menjadi klub dengan jumlah pemain paling banyak di skuad Timnas U-23. Yakni, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Dony Tri Pamungkas, Ilham Rio, Rayhan Hannan. Borneo FC mengirimkan empat pemain, yaitu  Daffa Fasya, Komang Teguh, Ikhsan Nur, dan Fajar Fathurahman. 

Lalu PSIS Semarang melepas tiga pemain, yaitu, Haykal Alhafiz, Alfeandra Dewangga, dan Adi Satryo. Persis Solo melepas dua pemain, yaitu Erlangga Setyo dan Ramadhan Sananta. Sedangkan Persebaya Surabaya, PSM Makassar, Barito Putera, Arema FC, Persita Tangerang, Bhayangkara FC, Persik Kediri, dan PSS Sleman masing-masing menyumbang satu pemain.

Total ada 22 pemain yang dilepas 12 tim peserta Liga 1 untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas U-23. Selain itu, STY juga memanggil enam pemain yang berkarier di luar negeri. Yakni, Justin Hubner (Cerezo Osaka Jepang), Pratama Arhan (Suwon FC Korsel), Ivar Jenner (FC Utrecht), Rafael Struick (ADO Den Haag), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze) dan Nathan Tjoe-A-On (SC Heerenveen). ant

Daftar 28 Pemain Timnas U-23 
1. Ernando Ari, Persebaya Surabaya
2. Adi Satryo, PSIS Semarang
3. Erlangga Setyo, Persis Solo
4. Daffa Fasya, Borneo FC
5. Rizky Ridho, Persija Jakarta
6. Alfeandra Dewangga, PSIS Semarang
7. Justin Hubner, Cerezo Osaka
8. Komang Teguh, Borneo FC
9. Muhammad Ferarri, Persija Jakarta
10. Pratama Arhan, Suwon FC
11. Dony Tri Pamungkas, Persija Jakarta
12. Haykal Alhafiz, PSIS Semarang
13. Dzaky Asraf, PSM Makassar
14. Ilham Rio, Persija Jakarta
15. Bagas Kaffa, Barito Putera
16. Ivar Jenner, FC Utrecht
17. Arkhan Fikri, Arema FC
18. Rifky Dwi, Persita Tangerang
19. Rayhan Hannan, Persija Jakarta
20. Ikhsan Nur, Borneo FC
21. Witan Sulaeman, Bhayangkara FC
22. Jeam Kelly Sroyer, Persik Kediri
23. Marselino Ferdinan, KMSK Deinze
24. Fajar Fathurahman, Borneo FC
25. Rafael Struick, ADO Den Haag
26. Ramadhan Sananta, Persis Solo
27. Hokky Caraka, PSS Sleman
28. Nathan Tjoe-A-On, SC Heerenveen

Komentar