nusabali

Tiga Kursi Wakil Ketua DPRD Karangasem Jadi Incaran

  • www.nusabali.com-tiga-kursi-wakil-ketua-dprd-karangasem-jadi-incaran

AMLAPURA, NusaBali - Posisi tiga kursi wakil ketua DPRD Karangasen periode 2024-2029 sudah bisa dipastikan akan diisi masing-masing wakil dari Gerindra, Golkar dan Demokrat, sementara posisi ketua diisi oleh PDIP sebagai pemenang Pileg 2024.

Sejumlah nama pun kini muncul digadang-gadang untuk menduduki tiga kursi wakil ketua DPRD Karangasem tersebut. Dari Gerindra muncul nama Ni Kadek Weisya Kusmia Dewi (saat ini Ketua Fraksi Gerindra DPRD Karangasem).

Demokrat munculkan nama I Wayan Suparta (Sekretaris DPC Demokrat Karangasem) dan dari Golkar I Nyoman Mardana Wimbawa, Wakil Ketua Bappilu DPD II Golkar Karangasem. 

Tiga calon Wakil Ketua DPRD Karangasem mulai ramai diperbincangkan untuk menduduki posisi itu, berasal dari tiga parpol yang masuk empat besar perolehan kursi di DPRD Karangasem. Ketiga calon yang disebut-sebut, Sekretaris DPC Partai Demokrat I Wayan Suparta, Ketua Fraksi Partai Gerindra Ni Kadek Weisya Kusmia Dewi dan Wakil Ketua Bidang Bappilu Partai Golkar I Nyoman Mardana Wimbawa.

Ketua DPC Demokrat Karangasem, I Komang Wirawan mengungkapkan dari segi struktural calon Wakil Ketua DPRD dari Demokrat adalah I Wayan Suparta. "Ya, I Wayan Suparta itu kan Sekretaris DPC, secara struktural layak jadi Wakil Ketua DPRD," ujar Wirawan kepada NusaBali di Amlapura, Sabtu (30/3). 

Walau Suparta meraih 4.925 suara dari Daerah Pemilihan Karangasem IV (Kecamatan Selat, Kecamatan Rendang dan Kecamatan Sideman), masih di bawah rekannya I Ketut Sulandra dari Dapil Karangasem I Kecamatan Karangasem dengan 5.663 suara.

"Pak Suparta lebih senior, lagi pula berpengalaman di DPRD Karangasem," tambahnya.

Suparta sendiri mengaku siap mengemban amanat partai jika diberi kepercayaan. "Saya siap, menjalankan amanat partai," kata politisi asal Banjar Wates Tengah, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat ini. Demokrat pada Pileg 2024 meraih 6 kursi DPRD Karangasem. Sedangkan Gerindra belum bisa menyebutkan siapa kadernya yang lolos DPRD Karangasem di Pileg 2024 yang akan duduki kursi pimpinan dewan. "Nanti soal itu DPP yang memutuskan," kata Ketua DPC Gerindra Karangasem, I Nyoman Suyasa. 

Namun informasi yang beredar kandidat kuat Wakil Ketua DPRD dari Gerindra adalah Ni Kadek Weisya Kusmia Dewi yang di Pemilu Legislatif 2024 meraih 3.767 suara dari Dapil Karangasem I Kecamatan Karangasem. 

Gerindra yang meraih 9 kursi DPRD pada Pileg 2024 ini untuk caleg peraih suara tertinggi adalah Ni Komang Molu Indah Juliani dengan 6.702 suara dari Dapil Karangasem IV Kecamatan Selat, Kecamatan Rendang, dan Kecamatan Sidemen. Walau raih suara tertinggi, namun Komang Molu adalah pendatang baru (new comer). Sehingga dari pengalaman dan senioritas di DPRD Weisya Kusmia Dewi dinilai lebih berpengalaman duduki kursi pimpinan.

"Kan menunggu keputusan partai, saya tidak bisa mendahului. Kalau akhirnya saya diberi kepercayaan, ya harus siap," kata Weisya Kusmia Dewi saat dikonfirmasi terkait namanya muncul sebagai kandidat wakil ketua DPRD Karangasem. Gerindra sendiri meraih 9 kursi dari total 45 kursi DPRD Karangasem. 

Lalu siapa kandidat dari Golkar? "Soal jabatan Wakil Ketua DPRD nanti ya, menunggu keputusan partai, semuanya berpeluang," kata Sekretaris DPD II Golkar Karangasem, I Nengah Sumardi yang saat ini masih menjabat Wakil Ketua DPRD Karangasem periode 2019-2024.

Sumardi sendiri di Pileg 2024 ini meraih 4.025 suara dari Dapil Karangasem II Kecamatan Bebandem. Informasinya kandidat yang kini muncul sebagai Wakil Ketua DPRD Karangasem dari Golkar adalah I Nyoman Mardana Wimbawa. Wakil Ketua Bidang Bappilu (Badan Pemenangan Pemilu) ini lolos ke DPRD Karangasem di Pileg 2024 dengan meraih 2.387 suara. Namun Mardana saat dikonfirmasi soal kabar ini belum mau berkomentar. 

"Ya, soal jabatan Wakil Ketua DPRD Karangasem masih menunggu keputusan partai," jelas politisi asal Banjar Kebon, Desa Kertamandala, Kecamatan Abang. Golkar berhak duduki kursi wakil ketua DPRD Karangasem karena menjadi pemenang ketiga Pileg 2024 dengan meraih 8 kursi DPRD Karangasem.

Sebelumnya diberitakan untuk posisi Ketua DPRD Karangasem sudah pasti menjadi jatah PDIP sebagai peraih kursi terbanyak, yakni 15 kursi dari total 45 kursi DPRD Karangasem. Untuk kandidat yang akan duduki kursi Ketua DPRD Karangasem dari PDIP muncul sejumlah figur, yakni I Wayan Sudira, I Wayan Suastika, I Komang Sudanta, I Wayan Sumatra, dan lainnya. 7 k16

Komentar