nusabali

STY Sangat Puas Penampilan Haye

Vietnam dan Troussier Sepakat Akhiri Kerja Sama

  • www.nusabali.com-sty-sangat-puas-penampilan-haye

Saa lawan Vietnam, Lapang Bola mencatat Thom Haye membukukan 24 umpan sukses, dan tertinggi di Timnas Indonesia. Lalu dua tekel, dan satu recovery.

JAKARTA, NusaBali
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) mengaku dirinya sangat puas melihat debut penampilan Thom Haye saat membintangi kemenangan 3-0 Garuda atas Vietnam, dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Putaran Kedua Grup F, di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3) malam. Tiga gol kemenangan Garuda pada laga itu dicetak Jay Idzes (9’), Ragnar Oratmangoen (22’), dan Ramadhan Sananta (90+8’).

Dalam laga itu, berduet dengan Marselino Ferdinan di lini tengah, Thom menggantikan peran yang sebelumnya dimainkan Ivar Jenner yang absen karena tidak fit. Tampil 90 menit, pemain klub Liga Belanda SC Heerenveen tersebut langsung nyetel dengan permainan Garuda. DIa membuat satu asis penting dari sepak pojok yang dihasilkan dalam gol pertama yang dicetak Jay Idzes.

Dengan style kaos kaki pendek khasnya, kehadiran Thom membuat aliran bola Indonesia berjalan mulus pada laga itu, terkhusus pada babak pertama dimana Merah Putih menyarangkan dua gol.

Seperti di klubnya, dengan bermain kalem dan terlihat tak banyak lari, positioning Thom tampak selalu on point. Dia kerap kali menjadi otak serangan Indonesia dengan kreasi umpan akuratnya, pun beberapa kali juga terlihat lihai menjadi pemotong serangan Vietnam. Ketika bola berada di kakinya, tak mudah juga pemain-pemain lawan merebut bola darinya.

Melihat apa yang ditampilkan Thom, pelatih asal Korea Selatan itu menambahkan, “Dan lebih dari 100 persen saya puas dengan penampilannya”.

Lapang Bola mencatat Thom Haye membukukan 24 umpan sukses, tertinggi di Timnas Indonesia, dua tekel, dan satu recovery saat melawan Vietnam.

Setelah membela Timnas kontra Vietnam, Thom Haye kembali ke Belanda. Pemain keturunan Solo, Jawa Tengah dan Minahasa, Sulawesi Utara, itu bergabung lagi dengan SC Heerenveen.

Kemenangan atas Vietnam membuat Indonesia nyaman bercokol di peringkat kedua klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan tujuh poin dari empat partai. Tim Garuda menyisakan dua laga di Grup F dengan menjamu Irak pada 6 Juni 2024 dan Filipina pada 11 Juni.

Sementara itu, Federasi Sepak ola Vietnam (LDBDVN) dan pelatih Phillipe Troussier sepakat mengakhiri kerja sama di antara keduanya setelah rentetan hasil mengecewakan yang didapatkan Timnas Vietnam pada beberapa waktu terakhir. Terbaru Vietnam takluk dari Indonesia 0-3 di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa.

"Segera setelah pertandingan antara Vietnam dan Indonesia, pada babak kedua kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 di Asia (malam tanggal 26 Maret 2024), LDBDVN dan pelatih kepala Philippe Troussier bertemu untuk membahas hasil-hasil sebelumnya bekerja sebagai pelatih kepala tim Vietnam dan tim Vietnam U23," dikutip dari pernyataan dalam laman resmi VFF.

 "Pada pertemuan tersebut, LDBDVN dan pelatih kepala timnas Vietnam Mr. Philippe Troussier mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak mulai 26 Maret 2024," sambung pernyataan VFF.

Pihak LDBDVN menilai selama menangani Timnas Vietnam, Troussier selalu bekerja dengan tanggung jawab dan profesionalitas yang berintensitas tinggi.

Troussier tercatat melatih Vietnam pada Maret 2023 menggantikan Park Hang-seo yang tidak melanjutkan kontraknya. Pelatih asal Prancis itu tercatat melalui 14 laga bersama Vietnam dan mencatatkan empat kemenangan dan menelan 10 kekalahan. ant

Komentar