nusabali

14.263 Ekor Sapi di Tabanan Berhasil Divaksinasi PMK

  • www.nusabali.com-14263-ekor-sapi-di-tabanan-berhasil-divaksinasi-pmk

TABANAN, NusaBali - Dinas Pertanian (Distan) Tabanan gencar melakukan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak. Pada triwulan I tahun 2024 Distan telah berhasil memvaksinasi 14.263 ekor sapi dari total 41.227 populasi sapi di Tabanan.

Capaian itu diklaim telah melampaui target yang ditetapkan Maret. Meskipun capaian vaksinasi melampaui target, vaksinasi belum dilakukan secara merata melainkan hanya menyasar pada populasi yang terbanyak. 

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Tabanan drh Gde Eka Parta Ariana, mengakui capaian vasinasi pada triwulan I memang melebihi target. Capaian ini tentu tidak terlepas dari dedikasi petugas di lapangan. “Syukur sesuai dengan target yang dijadwalkan Maret ini,” katanya, Senin (25/3). 

Namun demikian, Parta Ariana mengatakan untuk capaian vaksinasi tidak merata di semua kecamatan. Sebab pelaksanaan vaksinasi menyasar kantong-kantong populasi terbanyak. “Kami terus evaluasi proses ini, karena vaksinasi lanjutan bakal dilakukan di triwulan berikutnya,” tandas Parta Ariana. 

Salah satu contoh kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan adalah di Desa Selabih, Kecamatan Selemadeg Barat pada Senin (25/3). Selain vaksinasi PMK juga dilalukan pemasangan barcode ternak sapi.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk melindungi ternak sapi dari serangan PMK. Dalam kegiatan tersebut, sapi-sapi warga Desa Selabih dikumpulkan di masing-masing banjar untuk menerima vaksinasi dan pemasangan barcode. Total 67 ekor sapi telah divaksinasi di tiga banjar, yaitu Selabih Wanasari, Selabih Tengah, dan Selabih Pangkung Kuning.

Dan untuk kasus PMK di Tabanan sampai saat ini nihil kasus. Kegiatan pemberian vaksinasi memang langkah antisipasi agar tidak ada penyebaran. Di samping itu para peternak diimbau untuk terus memantau kesehatan hewan ternaknya dan melakukan kegiatan biosecurity. 7 des

Komentar