nusabali

Thom Haye Ingin Main di Hanoi

Indonesia Naik Empat Tingkat Peringkat FIFA

  • www.nusabali.com-thom-haye-ingin-main-di-hanoi

JAKARTA, NusaBali - Pemain naturalisasi Thom Haye ingin membela Timnas Indonesia saat menghadapi Vietnam, dalam putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3).

Ya, Thom Haye dan pemain naturalisasi lainnya, Ragnar Oratmangoen, terpaksa absen saat Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam 1-0, dalam laga ketiga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Kamis (21/3) malam.

Meski sudah dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 19 Maret 2024, namun perpindahan federasi Thom dan Ragnar dari Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI di FIFA masih belum selesai. Kabarnya, perpindahan federasi Thom dan Ragnar dapat tuntas sebelum Timnas Indonesia menghadapi Vietnam.

"Ya, saya berpeluang besar untuk membela Timnas Indonesia kontra Vietnam di Hanoi," ujar Thom Haye, Kamis (21/3) malam.

Thom Haye turut menjadi saksi sewaktu Timnas Indonesia megalahkan Vietnam di SUGBK. Gelandang 29 tahun itu angkat topi terhadap rekan-rekannya yang sudah berjuang untuk memenangkan pertandingan.

"Saya pikir ini laga yang sangat sulit. Para pemain Timnas Indonesia telah bekerja keras. Tetapi, hasilnya juga sangat bagus," imbuh Thom Haye.

Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, membagikan kabar terbaru tentang proses peralihan asosiasi Thom dan Ragnar. Menurutnya, saat ini dalam  proses finalisasi perpindahan federasi. 

“Insyaallah bisa selesai sebelum 26 Maret 2024 saat Timnas bertemu Vietnam di My Dinh," kata Sumardji.

Kemenangan atas Vietnam 1-0, di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (21/3) malam membuat ranking FIFA Indonesia naik empat tingkat. Sebelum lawan Vietnam, Indonesia di peringkat 142 FIFA. Tim Merah Putih berhak tambahan poin 15,37. 

Menurut Footy Rankings, tambahan poin itu membuat Indonesia naik ke peringkat 138 dengan total poin 1088,03. Di sisi lain, Vietnam mendapat pengurangan poin 15,37 dan turun dari peringkat 105 ke 112.

Indonesia akan kembali bertemu Vietnam di Hanoi pada Selasa (26/3). Anah asuh Shin Tae-yong berpeluang naik peringkat lagi jika imbang atau berhasil menang.

Sementara itu Irak memimpin klasemen sementara Grup F, usai menaklukkan Filipina 1-0, dalam laga putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Basra International Stadium, Jumat dinihari WITA. Gol kemenangan Irak dicetak Mohanad Ali pada menit ke-86.

Kemenangan itu membuat Irak nyaman di puncak klasemen Grup F dengan sembilan poin dari tiga laga. Filipina di peringkat empat dengan satu poin dari tiga laga. Sedangkan Indonesia di urutan kedua dengan empat poin, dan Vietnam di urutan ketiga, dengan tiga poin. ant

Komentar