nusabali

Teco Siapkan Rotasi Pemain

Bali United Dibayangi Empat Tim ke Championship Series

  • www.nusabali.com-teco-siapkan-rotasi-pemain

Strategi rotasi pemain dilakukan untuk memastikan skuad Serdadu Tridatu mampu bertahan di posisi empat besar klasemen Liga 1 2023/2024.

GIANYAR, NusaBali
Bali United menyiapkan strategi rotasi pemain untuk sisa lima laga Liga 1 Indonesia 2023/2024. Hal itu dilakukan untuk menjaga ketahanan fisik skuad Serdadu Tridatu. Apalagi jatah libur pemain saat jeda Kualifikasi Piala Dunia 2026 juga relative singkat.

"Soal rotasi perlu dilihat kembali dari jadwal pertandingan. Kami harus tahu situasi karena ada jeda waktu 15 hari untuk main dan ada waktu yang hanya tiga hari," kata Pelatih Kepala Bali United Stefano ‘Teco’ Cugurra di Gianyar, Rabu (20/3).

Pelatih asal Brasil itu mengamati kondisi fisik para pemain termasuk saat latihan di Pemusatan Latihan Bali United di Pantai Purnama, Kabupaten Gianyar pada Rabu kemarin.

"Saya melihat kondisi fisik dari pemain apakah bugar atau tidak dan perlu diskusi dengan pelatih fisik untuk menurunkan pemain yang paling siap," kata Teco, yang mantan pelatih Persija Jakarta itu.

Strategi rotasi pemain itu dilakukan untuk memastikan skuad Serdadu Tridatu itu mampu bertahan di posisi empat besar klasemen Liga 1 Indonesia 2023/2024. Pasalnya, tahun ini berbeda dengan sebelumnya yakni tim empat besar klasemen akhir berhak lolos di babak pamungkas, atau Championship Series.

Nantinya, di semifinal empat tim itu akan diadu memperebutkan trofi kompetisi kasta teratas klub sepak bola tanah air itu. Dalam waktu dekat, Bali United akan menjamu Persija Jakarta pada Sabtu (30/3) dengan waktu persiapan delapan hari di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar.

Bali United sendiri hanya libur sebentar saat jeda internasional. Sebenarnya, ada dua pemain Bali United yang dipanggil memperkuat Timnas U-20 dalam ujicoba menghadapi China U-20 di Stadion Madya, sehari setelah Timnas Indonesia menghadapi Timnas Vietnam dalam kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kedua pemain itu adalah Kadek Arel Priyatna dan kiper I Wayan Arta Wiguna atau yang karib disapa Elo. Namun hanya Elo yang menjalani pemusatan latihan. Kadek Arel terpaksa melewatkan TC kali ini.

Usai imbang lawan Rans Nusantara FC, Teco meliburkan skuad asuhannya. Ini jadi salah satu persiapan menghadapi Persija dalam pekan ke-30 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Ilija Spasojevic dkk.akan kembali latihan pada Rabu (20/3). Minus Elias Dolah dan Mohammed Rashid yang juga mendapatkan panggilan Timnas untuk kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Seperti biasa akan memulai latihan dengan fisik, lalu teknik dan taktik untuk tim,” kata Teco.

Program latihan mandiri diberikan Teco dan Pelatih Fisik Stefano Impagliazzo. Program latihan ini menurut Teco menjadi tanggung jawab dari masing-masing pemain. Sebab memang tidak ada program latihan secara spesifik.

“Tidak ada waktu bersantai karena ketat ya Liga 1," kata Teco, di laman resmi klub.

Bali United hanya punya waktu efektif 8 hari untuk melakukan persiapan sebelum menghadapi Persija pada 30 Maret . Teco pun berambisi mengalahkan mantan skuad asuhannya jika ingin terus di posisi empat besar Liga 1 dan melenggang ke Championship Series.

Apalgi Bali United memiliki jarak poin yang tipis dengan Madura United, PSIS Semarang, dan Persik Kediri tipis, yakni hanya enam poin.

Sementara itu, satu tempat di championship series saat ini sudah menjadi milik Borneo FC, dengan 69 poin. Langkah mereka akan sangat sulit dikejar tim lain. Jika seandainya tidak championship series, Borneo FC sudah mengunci gelar juara.

Posisi runner up musim reguler, kemungkinan besar jadi milik Persib Bandung, dengan 54 poin. Tim-tim di bawahnya pelru perjuangan ekstra menggeser posisi Persib, meski kemungkinan besar tetap di empat besar. 

Yang menarik persaingan Bali United, Madura United, PSIS, dan Persik. Keempat tim ini masih berpeluang saling jegal dalam lima laga tersisa. 

Dua dari empat tim itu tidak akan ke championship series BRI Liga 1 2023/2024. Namun Bali United berpeluang lolos. *

Komentar