nusabali

Bangli Buka Rekrutmen ASN 26 Formasi

  • www.nusabali.com-bangli-buka-rekrutmen-asn-26-formasi

Bangli hanya membuka 26 formasi karena keterbatasan anggaran. Maka perekrutan formasi hanya menyasar tenaga yang dianggap urgent

BANGLI, NusaBali 
Pemkab Bangli segera membuka rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN). Pada rekrutmen tahun 2024 ini ada 26 formasi yang dibuka. Dari jumlah ini, 17 formasi merupakan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dan 9 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bangli I Made Mahindra Putra, mengatakan sesuai dengan persetujuan teknis dari Menpan RB, Kabupaten Bangli akan melaksanakan perekrutan pegawai di tahun 2024 sebanyak 26 formasi.

"Formasi itu diterima pada tanggal 14 Maret lalu. Seluruhnya merupakan formasi di bidang kesehatan," jelasnya Selasa (19/3).

Adapun formasi PPPK yang dibuka meliputi Pranata Laboratorium Kesehatan, Dokter Umum, Apoteker, Dokter Spesialis Anestesi, Dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran, Dokter Spesialis Urologi, Dokter Spesialis Patologi Anatomi, dan Dokter Spesialis Radiologi. 

Sedangkan formasi CPNS yang dibuka meliputi Dokter Umum, Dokter Gigi Bedah Mulut, Dokter Spesialis Bedah Saraf, Dokter Sub Spesialis Bedah Digestif, Dokter Spesialis Bedah Onkologi, Dokter Spesialis Bedah Plastik. 

Terkait jumlah formasi yang relatif sedikit, mantan Kabag Umum Setda Bangli ini menyampaikan alasan Bangli hanya membuka 26 formasi karena keterbatasan anggaran. Maka perekrutan formasi hanya menyasar tenaga yang dianggap urgent untuk pemenuhan tenaga ASN di Pemerintah Kabupaten Bangli. 

Menurut Mahindra Putra, terhitung sejak 2021 hingga saat ini Kabupaten Bangli telah merekrut 668 tenaga PPPK. Dari jumlah tersebut kebutuhan anggaran untuk PPPK sebanyak Rp 40 miliar per tahun. Sedangkan dana yang turun dari pemerintah pusat hanya Rp 9 miliar. 

"Kami harus mendanai lagi dari APBD sebesar Rp 31 miliar. Oleh sebab itu untuk perekrutan di tahun 2024 ini, kami rekrut ASN yang benar-benar kami butuhkan untuk pengisian-pengisian di Kabupaten Bangli," tegasnya.

Lebih lanjut, tahun 2024 ini akan dilaksanakan dua kali rekrutmen ASN. Untuk rekrutmen pertama, hingga kini masih menunggu jadwal lebih lanjut dari pemerintah pusat. Namun rekrutmen pertama diperkirakan dibuka sekitar April atau Mei. Sementara rekrutmen kedua, diperkirakan pada Agustus atau September. 

Pada rekrutmen kedua pihaknya akan mengusulkan pegawai non ASN di Kabupaten Bangli. Sebab penataan dan penyelesaian pegawai non ASN sesuai amanat UU 20 tahun 2023 adalah sampai Desember 2024. 

"Untuk guru masih ada 213 orang dan PTT seperti tenaga kesehatan, tenaga administrasi dan sebagainya kurang lebih 1600 orang. Tentu kami akan selesaikan sesuai amanat dari UU 20 tahun 2023," ujarnya. 7esa

Komentar