nusabali

Sejumlah Pohon Tumbang ‘Kepung’ Bangli

  • www.nusabali.com-sejumlah-pohon-tumbang-kepung-bangli

BANGLI, NusaBali - Angin kencang melanda wilayah Kaupaten Bangli pada Rabu (13/3). Akibatnya, bumi sejuk ini ‘dikepung’ pohon tumbang di beberapa lokasi. Tampak, bangunan rumah warga hingga palinggih tertimpa pohon.

Pohon tumbang, antara lain terdapat di Kelurahan Kubu sekitar pukul 14.00 Wita.  Di Desa Landih, pohon tumbang berupa pohon beringin. Pohon tersebut sejumlah bangunan di Pura Subak Abian Landih atau Pura Pekarangan Landih. "Adapun bangunan yang rusak 5 buah palinggih, balai pesandekan dan balai serbaguna. Akibat kejadian tersebut kerugian diperkirakan mencapai Rp 600 juta," jelasnya. 

Foto: Kondisi rumah warga tertimpa pohon di Kelurahan Lubu, Kecamatan Bangli. -IST

Untuk proses evakuasi pohon beringin belum dilakukan karena akan dilakukan musyawarah terhadap warga pengempon pura. Lanjutnya, untuk pohon tumbang di Banjar/Kelurahan Kubu berupa pohon kelapa. Pohon menimpa rumah milik I Made Sulasma. Pemilik rumah diperkirakan mengalami kerugian puluhan juta. "Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut," kata Kompol Puja Rimbawa.

Dihubungi terpisah, Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Bangli Ketut Agus Sutapa mengatakan selain di Kecamatan Bangli, pohon tumbang juga terjadi di wilayah Kecamatan Tembuku dan Kintamani. 

Pohon tumbang terjadi di ruas jalan paket-Gunung Kunyit, Desa Kintamani. Akibat arus lalu lintas terganggu. Namun demikian sudah dilakukan penanganan TRC BPBD-Damkar Bangli. Berikutnya pohon tumbang di ruas jalan Bangbang-Undisan, Desa Bangbang, Kecamatan Tembuku. Selanjutnya pohon tumbang diruas jalan Metra Kaja Kangin ke Kalanganyar, Desa Yangapi. "Arus lalu lintas dialihkan selama proses evakuasi. Evakuasi didukung pihak kepolisian dan TNI," sebutnya.7esa

Komentar