nusabali

Kasdam Udayana Lantik 83 Prajurit Muda

  • www.nusabali.com-kasdam-udayana-lantik-83-prajurit-muda

DENPASAR, NusaBali - Setelah mengikuti pendidikan selama lima bulan 83 siswa Prodi Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD Gelombang II TA 2023 dilantik menjadi anggota resmi TNI AD dengan pangkat prajurit dua (Prada).

Upacara pelantikan yang dipimpin oleh Kasdam XI/Udayana Brigjen TNI Sachono berlangsung di Lapangan Wira Yudha Bhakti Rindam IX/Udayana, Jalan Pierre Tendean Nomor 1 Kediri, Tabanan, pada Rabu (13/3).

Pangdam IX/Udayana Mayjen Bambang Trisnohadi dalam sambutan yang dibacakan oleh Kasdam mengatakan puluhan prajurit muda ini dilantik setelah mengikuti pendidikan selama lima bulan dengan penilaian tri pola dasar, yaitu bidang akademik, bidang sikap dan perilaku serta bidang jasmani.

"Setelah dilantik menjadi prajurit TNI AD maka status mereka bukan warga sipil lagi. Peralihan ini tidak sekadar ditempuh dengan pembekalan ilmu pengetahuan dan keterampilan serta tempaan fisik saja, tetapi lebih penting adalah perubahan sikap, mental serta jati diri dalam bertugas maupun dalam kehidupan sehari-hari," jelas Pangdam.

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan setelah selesai melaksanakan pendidikan pertama ini, selanjutnya prajurit siswa akan melaksanakan pendidikan lanjutan sesuai dengan kecabangan masing-masing. Di sana nanti akan terbentuk menjadi seorang figur prajurit muda yang siap operasional dalam kegiatan di satuan dan terus menggali ilmu pengetahuan yang berkembang, khususnya menyangkut tugas dan pengabdian sebagai prajurit TNI AD.

Pangdam berharap agar seluruh prajurit muda ini mampu menghayati, mengamalkan, dan mengaktualisasikan nilai luhur yang terkandung di dalam Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI. "Taati semua aturan yang berlaku di lingkungan TNI, hindari berbagai pelanggaran yang bisa merugikan diri sendiri maupun keluarga, apalagi sampai mencoreng nama baik TNI Angkatan Darat," tegas Pangdam.

Pada acara penutupan pelantikan kemarin puluhan prajurit muda tersebut melakukan demontrasi berbagai keterampilan yang sudah diperoleh selama pendidikan seperti bongkar pasang senjata pistol, M16, Simulasi HR (Halang Rindang), Bela Diri Militer dan Sparco (Senam Spartan Komando. 7 pol

Komentar