nusabali

Plt Ketua PWI Bali Lantik Pengurus PWI Klungkung

  • www.nusabali.com-plt-ketua-pwi-bali-lantik-pengurus-pwi-klungkung

SEMARAPURA, NusaBali - Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) masa bhakti 2023-2026 Kabupaten Klungkung dilantik dan dikukuhkan di ruang Praja Mandala, Kantor Bupati Klungkung Senin (12/2).

Pelantikan oleh Plt Ketua PWI Bali I Wayan Dira Arsana. Hadir, Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika, Ketua DPRD Klungkung Anak Agung Gde Anom, Pengurus PWI Pusat IGMB Dwikora Putra, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), kepala OPD lingkup Pemkab Klungkung, dan undangan lainnya.

Pelantikan dan pengukuhan pengurus PWI Kabupaten Klungkung masa bhakti 2023-2026 dengan Ketua I Nengah Arianta, Sekretaris I Ketut Sugiana, Bendahara, I Nyoman Sriwiadnyana, Seksi Organisasi Dewa Putu Agus Darmawan, dan seksi-seksi lainnya. 

Pengukuhan pengurus wartawan ini pertama kalinya di Kabupaten Klungkung. Dira Arsana mengatakan, hadirnya kepengurusan PWI di Kabupaten Klungkung bisa menjadi wadah bagi pimpinan OPD di Klungkung untuk melakukan sosialisasi program kerja masing-masing. 

“Sinergi yang sudah terbangun selama ini antara Pemkab Klungkung dengan awak media dapat menjadi salah satu modal dalam mengawal dan melanjutkan pembangunan di Kabupaten Klungkung,” ujar Dira Arsana.

Karya jurnalistik yang dihasilkan wartawan sah secara hukum karena dalam bekerja mereka diatur dengan kode etik Undang-Undang Pers. Nengah Arianta mengatakan, pasca dilantik punya tanggung jawab besar mewujudkan komitmen PWI menjaga keutuhan NKRI, mengawal jalannya demokrasi, dan pembangunan di Kabupaten Klungkung. “Mudah-mudahan ke depannya kami dapat memberikan kontribusi positif dalam mengawal jalannya pembangunan di Kabupaten Klungkung,” harap Arianta. 

Pj Bupati Klungkung Nyoman Jendrika mengatakan, pada era keterbukaan informasi publik sudah menjadi kewajiban pemerintah memberikan akses yang mudah dan seluas-luasnya bagi masyarakat untuk memperoleh informasi yang diperlukan. Untuk itu, perlu adanya sinergi antara media massa dengan pemerintah untuk membangun partisipasi produktif masyarakat dalam pembangunan. Pada era digitalisasi, perkembangan media sosial di samping berbagai manfaat positifnya, juga sebagian terdapat dampak negatif. 

Menurut Jendrika, perlu adanya peran media massa berfungsi sebagai klarifikasi terhadap penyebaran informasi yang tidak jelas sumber dan penanggungjawabnya. 

“Selamat atas terbentuknya PWI Kabupaten Klungkung. Semoga melalui wadah ini dapat meningkatkan hubungan kerja sama antar anggota media dan dapat lebih mendekatkan layanan pers kepada masyarakat serta dapat meningkatkan partisipasi dalam pembangunan Klungkung yang kondusif,” ujar Jendrika. 7 wan

Komentar