nusabali

Usaha Sewa Kendaraan PD Swatantra Melesat

Kini Punya 90 Unit Aset Kendaraan

  • www.nusabali.com-usaha-sewa-kendaraan-pd-swatantra-melesat

SINGARAJA, NusaBali - Perusahaan Daerah (PD) Swatantra salah satu perusahaan milik Pemkab Buleleng yang sukses mengembangkan bidang usaha sewa kendaraan.

Kini aset kendaraan yang sudah dimiliki sebanyak 90 unit. Usaha sewa kendaraan itu juga mulai berekspansi ke perguruan tinggi dan instansi pemerintah kabupaten lain di Bali.

Dirut PD Swatantra Buleleng, Gede Bobi Suryanto mengatakan, puluhan aset kendaraan tersebut kini disewa oleh seluruh instansi Pemkab Buleleng. Kendaraan itu dimanfaatkan untuk kendaraan dinas Kepala Dinas, Kepala Badan, Sekretaris, Kepala Bidang hingga Camat.

Di luar itu juga ada yang disewa RSUD Buleleng untuk mobil dinas direksi, dan juga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Buleleng. Terbaru beberapa unit mobil PD Swatantra juga sedang disewa instansi Pemerintah Kabupaten Jembrana.

Seluruh kendaraan tersebut dibeli secara bertahap sejak 10 tahun terakhir. PD Swatantra meminjam modal kepada Bank BPD Bali untuk pembelian kendaraan. Lalu sewa kendaraan tersebut dipakai untuk mencicil utang di bank. Dari 90 total asetnya yang masih menyisakan kredit hanya 6 unit saja. Sedangkan sisanya sudah terlunasi. Jika dirupiahkan aset puluhan kendaraan itu ditaksir mencapai Rp 23 miliar.

“Nilai sewanya bervariasi disesuaikan dengan jenis kendaraan dan tahun kendaraannya. Mulai dari Rp 5 juta - Rp 12 juta per bulan. Kami juga sesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Kalau mobil dinas ada ketentuan tingkat golongan dan eselonnya,” ucap Bobi.

Seluruh kendaraan yang disewakan juga sangat memperhatikan kelaikan. Kendaraan harus diperbaharui maksimal 9 tahun setelah dibeli. Biasanya kendaraan yang sudah jatuh tempo waktu peremajaan, akan dijual di lelang terbuka. Kemudian PD Swatantra akan membeli kendaraan baru.

Ada sebanyak 28 unit kendaraan yang pengadaannya pada tahun 2013-2015 siap dilelang tahun depan. Dalam bidang usaha penyewaan kendaraan ini, PD Swatantra pun memiliki angan-angan untuk melengkapinya dengan usaha cuci mobil dan bengkel servis. Sebab selama ini untuk layanan service masih bekerjasama dengan perusahaan swasta. Pengembangan usaha penunjang ini diharapkannya dapat terwujud untuk memaksimalkan laba usaha.7 k23

Komentar