nusabali

Rumah Warga LC Aya Digenangi Air Drainase

  • www.nusabali.com-rumah-warga-lc-aya-digenangi-air-drainase

BANGLI, NusaBali - Air pada saluran drainase di lingkungan LC Aya, Kelurahan Bebalang, Bangli, meluap. Air tersebut sampai menggenangi rumah warga setempat. Kondisi tersebut memicu keluhan warga.

Menurut salah seorang warga, I Dewa Gede Partwata saat musim hujan sering kali air saluran drainase meluap hingga ke badan jalan. Air bercampur sampah masuk hingga ke dalam pekarangan rumah warga. Air ini meluap karena saluran drianase mengalami pendangkalan akibat endapan sampah dan tanah. “Kondisi ini memang kerap terjadi saat musim hujan. Pemicunya karena saluran drainase alami pendangkalan,” ungkapnya, Jumat (1/3).

Warga berharap instansi terkait untuk turun melakukan pembersihan atau pengerukan saluran drainase yang alami pendangkalan. "Seingat saya saluran drainase sempat dibersihkan disaat ada pengerjaan  proyek betonisasai bahu jalan dua tahun lalu,” ujarnya. 

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas PUPR Perkim Bangli Dewa Ngakan Widnyana Maya menjelaskan saluran air tersebut merupakan jaringan irigasi tersier. Pihaknya menilai dari pengamatan yang dilakukan, melubernya air cenderung karena perilaku warga yang masih membuang sampah  secara sembarangan. Selain itu, penyumbatan terjadi karena ada sisa rabasan perdu hasil pembersihan  oleh petani subak sekitar. "Untuk mengetahui secara pastinya  nanti kami  akan perintahkan petugas yang membidangi turun melakukan pengecekan,” jelasnya singkat.7esa

Komentar