nusabali

2 Maret, KPU Badung Tetapkan Perolehan Suara Pemilu 2024

  • www.nusabali.com-2-maret-kpu-badung-tetapkan-perolehan-suara-pemilu-2024

MANGUPURA, NusaBali.com - KPU Kabupaten Badung bakal menetapkan rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten untuk Pemilu 2024 menyusul rampungnya rekapitulasi di tingkat kecamatan.

Penetapan perolehan suara untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (PPWP), Pemilu Anggota DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi Bali, dan DPRD Kabupaten Badung bakal digelar usai rangkaian Hari Raya Galungan.

"Sabtu, 2 Maret ini kami akan menggelar rapat pleno rekapitulasi di tingkat kabupaten sekaligus menetapkan perolehan suara. Ini bukan menetapkan siapa yang terpilih tapi perolehan suara di masing-masing pemilihan saja," ujar Ketua KPU Kabupaten Badung IGK Gede Yusa Arsana Putra ketika dihubungi pada Senin (26/2/2024) sore.

Dijelaskan oleh Anggota KPU Badung/Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan I Nyoman Dwi Suarna Artha, rapat pleno rekapitulasi tingkat kabupaten ini bakal digelar di Hotel Aston Denpasar. Rapat pleno ini bakal melibatkan seluruh Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK), Bawaslu Kabupaten Badung, dan para saksi.

Rapat pleno ini digelar selama dua hari yaitu Sabtu (2/3/2024) hingga Minggu (3/3/2024) secara terbuka. Kata Dwi Artha, hari pertama diisi dengan pembacaan formulir D Hasil Kecamatan oleh masing-masing PPK. Kemudian, pada hari kedua dilanjutkan dengan penetapan perolehan suara untuk masing-masing pemilihan.

"Setelah hasil rekapitulasi kecamatan disetujui oleh peserta pleno termasuk saksi dan Bawaslu Badung, kami lanjutkan rekapitulasi tingkat kabupaten. Kemudian, perolehan suara peserta pemilu itu ditetapkan pada 3 Maret 2024," imbuh Dwi Artha ketika dihubungi pada Senin petang.

Dwi Artha yang juga mantan Anggota PPK Mengwi ini menegaskan, fakta data dengan fakta lapangan pungut-hitung suara di Badung sudah sinkron sepenuhnya. Sehingga, sesuai teknis rekapitulasi pungut-hitung suara, di Badung sudah tidak ada kendala.

Di samping itu, KPU Badung juga mencatat partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 ini meningkat dari Pemilu 2019 silam. Dwi Artha menjelaskan, tingkat partisipasi pemilih di pemilu kali ini adalah 89,50 persen sedangkan pemilu sebelumnya sebanyak 82,54 persen. *rat

Komentar