nusabali

BBMKG Denpasar Imbau Masyarakat Waspadai Curah Hujan Tinggi

  • www.nusabali.com-bbmkg-denpasar-imbau-masyarakat-waspadai-curah-hujan-tinggi

DENPASAR, NusaBali - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar menetapkan status siaga curah hujan tinggi di sejumlah wilayah di Bali, termasuk di Kabupaten Badung.

Masyarakat diminta mewaspadai peringatan dini curah hujan tinggi itu selama periode hingga 29 Februari dan diperbarui setiap 10 hari atau dasarian.

Status siaga curah hujan tinggi diperkirakan sekitar 200-300 milimeter per 10 hari terjadi di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. BBMKG juga menetapkan status waspada dengan kisaran curah hujan sekitar 150-200 milimeter per 10 hari di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Selain itu, di Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, dan Kecamatan Petang, Kabupaten Badung.

“Kami mengeluarkan peringatan dini hingga 29 Februari 2024,” kata Kepala BBMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho di Denpasar, Jumat (23/2) seperti dilansir Antara.

Meski demikian, BBMKG Denpasar memperkirakan peluang hujan di wilayah pesisir di Bali sudah mulai menurun selama periode pengamatan 21 Februari hingga 10 Maret 2024. Untuk itu, Cahyo Nugroho meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi panas dan gerah di wilayah dengan peluang hujan rendah.

BBMKG menjelaskan seluruh zona musim di Bali sudah memasuki musim hujan dan yang terakhir memasuki musim hujan adalah Kecamatan Buleleng dan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. BBMKG memperkirakan saat ini kondisi El Nino masih aktif dengan intensitas moderat yang diprediksi bertahan dan secara gradual akan beralih menjadi netral pada April-Juni 2024.

El Nino menunjukkan kondisi anomali suhu permukaan laut di Samudera Pasifik ekuator bagian timur dan tengah yang lebih panas dari normalnya. Air hangat yang bergeser ke timur menyebabkan penguapan, awan, dan hujan pun ikut bergeser menjauh dari Indonesia yang menyebabkan Indonesia mengalami peningkatan risiko kekeringan. 7 ant

Komentar