nusabali

Enam Paket Pelatihan Disiapkan Tahun Ini

  • www.nusabali.com-enam-paket-pelatihan-disiapkan-tahun-ini

SINGARAJA, NusaBali  -  Sebanyak 6 paket pelatihan pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) akan dilakukan tahun ini. Seluruh kegiatan difokuskan di gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT).

Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Buleleng, Dewa Made Sudiarta, Kamis (22/2), mengatakan paket pelatihan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik pusat. Tiga paket diperuntukkan untuk bidang UMKM. Salah satunya program pengembangan wirausaha pemula. Tiga paket lainnya untuk pengembangan kapasitas pengembangan SDM Koperasi. 

“Masing-masing paket akan diikuti oleh 25 orang peserta. Total anggaran sekitar Rp 950 juta. Itu mencakup program pelatihan mulai dari honor narsum, komponen kegiatan dan biaya penunjang lain,” ucap Sudiarta 

Khusus untuk paket UMKM, peserta pelatihan akan diseleksi dengan mengkurasi jenis usahanya. Selanjutnya, 25 orang wirausaha pemula ini akan didampingi selama enam bulan penuh. Mulai dari pengenalan pelaku usaha dengan usaha yang digeluti, menanamkan mindset wirausaha, perencanaan bisnis dan pemasaran. “Pendampingannya memang benar-benar komprehensif sehingga dapat membangun peningkatan manajemen kewirausahaan,” terang dia. 

Sementara itu untuk pelatihan bidang koperasi yang juga ada tiga paket, akan melibatkan koperasi yang mengelola simpan pinjam. Karyawan koperasi akan diberikan pelatihan peningkatan kapasitas SDM. Mulai dari juru buku, laporan keuangan dan pemasaran.

Sudiarta menyebut peningkatan SDM juga koperasi sedang diprogramkan untuk sertifikasi bidang keahliannya. Dinas Dagperinkop UKM akan bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). 

“Sertifikasi kompetensi ini memang tidak menjadi syarat formal pendirian koperasi, tetapi kalau memang ingin koperasinya benar-benar tumbuh dengan baik, harus didukung dengan SDM yang kompeten,” terang Sudiarta.7 k23

Komentar