nusabali

347 Siswa SMKN Manggis Ikuti UKK

  • www.nusabali.com-347-siswa-smkn-manggis-ikuti-ukk

AMLAPURA, NusaBali - SMKN Manggis, Karangasem menggelar UKK (Ujian Kompetensi Keahlian) untuk lima jurusan melibatkan 347 siswa. Secara teknis tidak ada kendala, setelah sebelumnya telah menggelar praUKK oleh para guru produktif dan profesional.

“Kami gelar UKK satu minggu mulai Senin (19/2) hingga Senin (26/2),” jelas Kasek SMKN Manggis I Nyoman Wage di sela-sela memantau UKK di Banjar Tengading, Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Karangasem, Rabu (21/2).

Siswa kelas XII yang mengikuti ujian, masih menggunakan Kurikulum 2013, terbagi 5 program keahlian, dengan total 347 siswa, masing-masing: TKJ (teknik komputer jaringan) sebanyak 109 siswa, TKRO (teknik kendaraan ringan otomotif) sebanyak 29 siswa,, TBSM (teknik bisnis sepeda motor) sebanyak 33 siswa, perhotelan sebanyak 107 siswa dan tata boga sebanyak 69 siswa.

“Nanti usai UKK,  dan ujian sekolah, akan mendapatkan sertifikat lulus uji kompetensi dan ijazah. Itu artinya, setelah dapat sertifikat lulus uji kompetensi, telah sah memiliki kemampuan terampil,” jelas Wage, yang asli Banjar Bengkel, Desa Antiga, Kecamatan Manggis.

Bertindak sebagai koordinator UKK I Made Adi Ismaya. Hanya, Lab TBSM dan TKRO kekecilan, sehingga saat ujian siswa yang beraktivitas terlihat sumpek. Sebab, ruangan, agak sempit.

Kasek SMKN Amlapura I Wayan Artana mengatakan, UKK dijadwalkan 1-4 April. “Februari ini, masih melaksanakan pra UKK,” jelas Artana. Dia mengatakan UKK itu dilakukan untuk menilai kemampuan siswa dalam bidang keahlian tertentu yang diujikan pada akhir jenjang pendidikan kejuruan.

Di samping itu, katanya, UKK bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa sesuai dengan standar kompetensi yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. UKK dilaksanakan di akhir tahun ajaran, siswa perlu mempersiapkan secara  fisik dan mental. Siswa juga perlu mengatur waktu belajar.

Manfaat UKK bagi siswa untuk mengetahui tingkat kompetensi yang dimiliki, serta memberikan informasi yang bermanfaat untuk sekolah dan guru juga berfungsi untuk mengevaluasi kualitas pembelajaran dan melakukan perbaikan jika diperlukan. ‘’Tentu juga untuk mengoptimalkan hasil kerja sama dengan pihak industri,” katanya. Selama ini siswa telah lama magang di industri harapannya agar kemampuannya sesuai kebutuhan industri.

Kasek SMKN Bebandem I Wayan Darmayasa merencanakan UKK 15-17 April. "Kali ini, pra UKK sedang berlangsung,” kata Darmayasa. 196 siswa kelas XII di SMKN Bebandem yang dijadwalkan ikut UKK. Sedangkan di SMK Widya Wisata Graha Amlapura menurut Kasek Ni Nyoman Supadmi, menggelar UKK, 1-5 April. “UKK usai ujian sekolah,” kata Supadmi. Berbeda dengan Kasek SMKN 1 Kubu I Nyoman Suarsana menggelar UKK pada  16 - 22 April.7k16

Komentar