nusabali

Pemkab Optimalisasi Pelayanan Transportasi Laut Berbasis Elektronik

  • www.nusabali.com-pemkab-optimalisasi-pelayanan-transportasi-laut-berbasis-elektronik

SEMARAPURA, NusaBali - Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika menandatangani nota kesepakatan dengan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Nusa Penida tentang Optimalisasi Layanan Kapal Penumpang Berbasis Sistem Informasi Elektronik (E-Ticketing) di ruang rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Rabu (7/2).

Penandatanganan kerja sama dihadiri Kadis Perhubungan Klungkung I Gusti Gede Gunarta, Kepala Kantor Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Nusa Penida Ni Luh Putu Eka Suyasmin, dan instansi terkait lainnya.

Gusti Gunarta mengatakan, kerja sama ini untuk meningkatkan pelayanan transportasi angkutan laut dengan penerapan pelayanan tiket secara elektronik. Memberikan kemudahan mendapatkan informasi dan layanan transportasi angkutan laut bagi masyarakat seperti jadwal keberangkatan kapal dan ketersediaan tempat duduk dalam kapal. Memberikan kemudahan dalam pembelian dan pemesanan tiket bagi calon penumpang. 

Menghindari antrian di loket dan praktik percaloan. Menghindari jumlah penumpang melebihi kapasitas kapal. Mendapatkan data realisasi pergerakan penumpang angkutan laut melalui pendataan manifest penumpang secara elektronik. Meningkatkan pengawasan berbasis sistem informasi/digital, dan meningkatkan ketertiban pelayanan serta keamanan pada wilayah kerja.

Jendrika menyambut baik kerja sama ini. Ke depan pelaksanaan kerja sama ini harus diperkuat dengan komitmen bersama agar terus berjalan dengan baik. Sistem aplikasi elektronik ini juga harus dievaluasi agar mengetahui kekurangan untuk segera diperbaiki.  “Mudah-mudahan dengan adanya kerja sama ini nantinya dapat mempermudah pelayanan tiket penumpang ke Nusa Penida,” harap Jendrika. 7 wan

Komentar