nusabali

PKM UKM INS.ID di SD I Saraswati Denpasar Tumbuhkan Minat Belajar Siswa Melalui Teknologi

  • www.nusabali.com-pkm-ukm-insid-di-sd-i-saraswati-denpasar-tumbuhkan-minat-belajar-siswa-melalui-teknologi

DENPASAR, NusaBali.com - UKM Inspiration Dance INSTIKI (Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia) atau dikenal dengan UKM INS.ID, menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SD I Saraswati Denpasar.

Kegiatan bertajuk ‘Exploring Technology with INS ID’ pada 6 Januari 2024, bertujuan untuk menumbuhkan minat belajar melalui media teknologi di kalangan siswa.

IGA Made Purnama Dwi Cahyanti, selaku Tata Usaha SD I Saraswati Denpasar, menyambut baik kegiatan PKM ini. "Di era digital ini, penting bagi anak-anak untuk mengenal dan memanfaatkan teknologi dengan bijak," tuturnya.

"Kegiatan PKM ini sangat bermanfaat bagi para siswa untuk menambah pengetahuan dan keterampilan mereka dalam menggunakan teknologi," imbuhnya.


Luh Gede Prasiska Cahyani selaku ketua PKM mengungkapkan, "Kami sangat bangga melihat antusiasme dan semangat belajar para siswa dalam acara ini. Inovasi dan teknologi adalah kunci untuk membuka pintu menuju masa depan yang cerah, dan melalui kegiatan ini, kami berusaha menginspirasi generasi muda untuk menjelajahi potensi teknologi dengan kreativitas dan semangat penuh."

Kegiatan PKM ini meliputi pelatihan dan bimbingan kepada para siswa SD I Saraswati tentang penggunaan aplikasi pendukung pembelajaran.

Kegiatan PKM ini diharapkan dapat membantu para siswa SD I Saraswati untuk mengembangkan keterampilan digital mereka dan meningkatkan minat belajar mereka.

Selain itu kegiatan PKM ini memberikan manfaat yang signifikan bagi SD I Saraswati. "Melalui PKM, sekolah kami mendapatkan pelatihan, bimbingan, dan sumber daya untuk memperkuat keterampilan murid, serta meningkatkan pengelolaan pendidikan di sekolah," ungkap IGA Made Purnama Dwi Cahyanti.


PKM INS.ID  juga memberikan solusi konkret dalam mengatasi tantangan yang dihadapi oleh SD I Saraswati, seperti keterbatasan akses ke perangkat teknologi dan infrastruktur internet.

"Dengan adanya solusi inovatif, seperti pemanfaatan platform digital dan aplikasi pendidikan, harapannya SD I Saraswati dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan adaptif," jelas Luh Gede Prasiska Cahyani.

Integrasi teknologi dalam pembelajaran di SD I Saraswati memungkinkan pendekatan pembelajaran yang lebih dinamis, memotivasi murid untuk berpartisipasi lebih aktif, dan membuka akses ke berbagai sumber daya pendidikan yang mendukung kurikulum. 7

Komentar