nusabali

Eksistensi Tim Ketenagalistrikan SMKN 1 Denpasar, SMAN 2 Abiansemal Klien Tetap, Sudah Terima Ratusan Order

  • www.nusabali.com-eksistensi-tim-ketenagalistrikan-smkn-1-denpasar-sman-2-abiansemal-klien-tetap-sudah-terima-ratusan-order

DENPASAR, NusaBali.com - Program Keahlian Ketenagalistrikan SMKN 1 Denpasar memiliki Unit Produksi (UP) Electrical and Cooling (Elco) yang eksis di dunia instalasi listrik, pemanas, tata udara, dan pendingin meski baru seumur jagung.

UP yang digawangi guru dan siswa Konsentrasi Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) dan Konsentrasi Teknik Pemanas, Tata Udara dan Pendinginan (TPTUP) ini baru dibentuk pada Juli 2023 silam. Namun, sudah melayani lebih dari 100-an order perbaikan, perawatan, dan instalasi ketenagalistrikan.

Kata Kepala Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan, Made Deddy Darmawan, 30, Konsentrasi TPTUP di Pulau Dewata tergolong langka. SMK negeri berjuluk Skensa ini adalah salah satu yang memiliki sekaligus jarang absen pada kompetisi nasional.

"Kami baru meluncurkan UP ini pada Juli 2023 lalu. Selain Skensa, di Bali itu ada SMKN 3 Negara yang punya konsentrasi seperti TPTUP ini," ujar Deddy ketika ditemui di SMK negeri yang berlokasi di Jalan HOS Cokroaminoto Nomor 84 Denpasar, Senin (29/1/2024).

I Putu Kevin Kesuma Putra, 30, guru pendamping UP Elco menuturkan, sejak eksis bermula Juli tahun lepas, orderan mulai dari problem pemanas seperti water heater, pendingin seperti AC, dan bahkan problem mesin cuci pernah ditangani.

Namun, yang paling banyak adalah orderan perbaikan dan perawatan pendingin ruangan/AC. SMAN 2 Abiansemal di Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal, Badung adalah klien tetap UP Elco Skensa.

"Pelanggan tetap itu baru satu yaitu SMAN 2 Abiansemal. Di sana kami menangani perbaikan dan perawatan AC sentral dan 70-an buah AC ruangan. Kalau orderan lain dari luar klien tetap ini banyak sekali, kami sempat kewalahan," ungkap Kevin ketika ditemui pada Senin pagi.

Bukan cuma perbaikan dan perawatan, Elco juga meladeni instalasi atau pemasangan. Hanya saja, ranah instalasinya baru sebatas tipe residence yakni AC dengan satu indoor dan satu outdoor.

Kata Kevin, UP mengutamakan proses belajar siswa untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan. Oleh karena itu, harga jasa yang ditawarkan Elco lebih murah daripada pasaran. Elco disebut mematok 50 persen harga lebih murah dari kebanyakan jasa di pasaran.

"Tim kami terdiri dari siswa kelas XI dan XII dengan pendampingan guru-guru bersertifikat di bidangnya. Kami bisa menangani berbagai merek AC dan tentu yang jadi tantangan adalah model AC keluaran terbaru dengan beberapa fitur baru pula," ucap Kevin.

Elco Skensa saat ini bekerja sama secara dengan Daikin Indonesia dan Panasonic Gobel Indonesia. Khususnya bersama Daikin, Skensa memiliki bengkel produk Variable Refrigerant Volume (VRV) yang melayani instalasi hingga perbaikan. *rat

Komentar