nusabali

PUKAT Keuskupan Denpasar Siap Berjejaring Bangun Umat dan Masyarakat

  • www.nusabali.com-pukat-keuskupan-denpasar-siap-berjejaring-bangun-umat-dan-masyarakat

DENPASAR, NusaBali.com - Semarak dan sukacita mewarnai pelantikan Pengurus PUKAT (Profesional dan Usahawan Katolik) Keuskupan Denpasar periode 2024 - 2027 diiringi Perayaan Ekaristi di Gereja Katedral Denpasar, Minggu (28/1/2024).

Dipimpin langsung oleh Uskup Denpasar, Mgr Silvester San, pelantikan ini menandai babak baru bagi organisasi yang berfokus pada pengembangan profesional dan usahawan Katolik di Bali.

Suasana istimewa terpancar dari kehadiran Ketua PUKAT Nasional (Pukatnas) Yulius Yunus Tedja, Sekjen Pukatnas Adinata, dan pengurus nasional serta PUKAT dari berbagai daerah di Indonesia. Dukungan mereka menjadi energi positif bagi PUKAT Keuskupan Denpasar dalam melangkah maju.

Uskup Silvester San menyambut hangat kehadiran PUKAT, melihatnya sebagai kekuatan baru yang akan mewarnai Keuskupan Denpasar. "Saya harap PUKAT Keuskupan Denpasar terus tumbuh dan berkembang, bermanfaat bagi anggotanya, gereja, dan masyarakat," pesannya.

Uskup San menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi antara PUKAT dengan berbagai komisi di Keuskupan. "Silakan bersinergi, kalian sudah tahu potensi apa yang bisa dikerjasamakan agar umat mendapatkan manfaat dari kehadiran PUKAT," imbuhnya.

Semangat kolaborasi ini juga digaungkan oleh Ketua PUKAT Nasional Yulius Teja. "PUKAT Nasional siap menjadi fasilitator, menjembatani berbagai keperluan PUKAT di daerah agar makin berkembang," paparnya.

Di bawah kepemimpinan Ketua PUKAT Keuskupan Denpasar, Paskalis Budhy Hartono, organisasi ini siap melangkah dengan visi menghadirkan Kerajaan Allah melalui Bonum Commune, kebaikan dan kesejahteraan bersama bagi umat dan masyarakat.

Penguatan spiritualitas iman Katolik, networking, peluang kerja dan usaha, serta kontribusi bagi umat, masyarakat, dan pemerintah menjadi fokus utama PUKAT.

"Syarat menjadi anggota PUKAT mudah, cukup menjadi pekerja, punya profesi atau usaha, senang berkumpul dalam komunitas, dan punya misi hidup yang jelas," terang Paskalis Budhy.

Dukungan penuh dari Romo Alfons Kolo, Pastor Moderator PUKAT Keuskupan Denpasar, menjadi kekuatan pendorong bagi organisasi ini. "Saya harap PUKAT dapat bersinergi dengan para profesional dan usahawan di Keuskupan Denpasar untuk memuliakan Tuhan dan membawa manfaat bagi umat," tuturnya.

Pelantikan PUKAT Keuskupan Denpasar menandakan awal perjalanan baru yang penuh optimisme. Dengan semangat kolaborasi dan visi yang jelas, PUKAT siap menjadi mitra strategis bagi Keuskupan Denpasar dalam membangun umat dan masyarakat di Bali.

Program-program inovatif seperti cooking class dan diklat literasi keuangan bagi UMKM siap diluncurkan, membuka peluang baru bagi pengembangan ekonomi umat.

Komentar