nusabali

Navicula Rilis Album ke-11 Format Vinyl

  • www.nusabali.com-navicula-rilis-album-ke-11-format-vinyl
  • www.nusabali.com-navicula-rilis-album-ke-11-format-vinyl

Ini adalah pertama kalinya Navicula merilis piringan hitam. Ini sebagai respons atas desakan fans.

DENPASAR, NusaBali
Band Bali Navicula merilis album ke-11 dengan cara yang berbeda. Navicula merilis album terbaru bertajuk ‘Archipelago Rebels’, dalam format vinyl (piringan hitam).

Acara perilisan berlangsung pada Sabtu (27/1) sebagai bagian dari acara konser ‘Music Celebration 2024’ di Rumah Tanjung Bungkak (RTB) Denpasar.

Vinyl ini memuat 14 lagu, termasuk di dalamnya 3 singles yang telah terbit sebelumnya dan telah dibuatkan video klip yang bisa dinikmati oleh publik di channel YouTube Navicula.

Single-single tersebut, yakni ‘Dinasti Matahari’, yang video klipnya menuai penghargaan sebagai Video Musik Terbaik di Indonesia oleh AMI (Anugerah Musik Indonesia) Awards 2022. Single kedua, ‘Kembali ke Akar’, yang rilis tahun lalu. Dan yang terbaru, single ketiga ‘Cinta yang Tak Biasa’, yang secara resmi dipublikasikan berbarengan dengan perilisan album vinyl ini.

Selain format vinyl dengan kemasan elegan, diterbitkan terbatas (hanya 300 pcs), album special edition yang diproduseri Sandrina Malakiano ini juga memuat 1 bonus track, lagu ‘History of Tomorrow’, yang hanya ada di album format vinyl. 

“Lagu ini tidak tersedia di album ‘Archipelago Rebels’ format lain yang telah dirilis sebelumnya, yaitu format CD, kaset, dan platform digital,” jelas Robi vokalis Navicula. 

Robi mengatakan, ini adalah pertama kalinya Navicula merilis piringan hitam. Hal ini menurutnya sebagai respons atas desakan fans yang sudah lama menantikan album Navicula dalam format ini. 

“Di samping itu, karena ingin memenuhi gairah bertumbuh-kembangnya komunitas kolektor dan minat penggemar muda atas rekaman format klasik seperti kaset dan vinyl di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir,” jelasnya. 

Di Bali, perayaan perilisan, sesi dengar album dan penandatanganan album oleh personel band diadakan di Volx Records Store, toko rekaman yang berada di areal RTB, Jalan Hayam Wuruk, Denpasar. Sementara di Jakarta secara serentak album ini dirilis di PHR Records Store (Senayan dan Bintaro) dan Lamunai Records, pada tanggal yang sama, 27 Januari 2024. 7 a

Komentar