nusabali

Festival Semarapura dan Festival Nusa Penida Lolos KEN 2024

  • www.nusabali.com-festival-semarapura-dan-festival-nusa-penida-lolos-ken-2024

SEMARAPURA, NusaBali - Dua event tahunan yang menjadi unggulan Pemkab Klungkung yakni Festival Semarapura dan Festival Nusa Penida masuk dalam kalender Kharisma Event Nusantara (KEN) Tahun 2024 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Program KEN diluncurkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno di Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu (27/1) malam. Hadir, Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika bersama Pj Ketua Tim Penggerak PKK Ny Wiryani Jendrika.

Jendrika mengatakan dari total 252 event yang diusulkan seluruh provinsi di Indonesia yang lolos 110 event. Dua di antaranya Festival Semarapura dan Festival Nusa Penida. Kedua event tersebut menjadi kegiatan daerah yang didorong untuk menggerakkan berbagai elemen pembangunan pariwisata dan mengaktifkan berbagai atraksi wisata dan budaya. Untuk menarik kunjungan wisatawan dan lebih ditekankan kepada kepentingan mempromosikan keberadaan destinasi wisata daerah.

Jendrika bangga dengan lolosnya event yang menjadi unggulan di Kabupaten Klungkung bisa lolos di kalender KEN 2024. "ini menjadi kebanggaan kami dan masyarakat Klungkung bisa dimasukkan dalam event pariwisata nusantara nasional," ujar Jendrika.

Kadis Pariwisata Klungkung, Ni Made Sulistiawati menceritakan sejak bulan November tahun 2023 proses pendaftaran kurasi event nusantara telah dilaksanakan Kemenparekraf. Melalui beberapa seleksi dan interview hingga diumumkan lolos sebagai kalender KEN 2024. "Banyak pembaharuan, inovasi dan kolaborasi yang kami sajikan dalam kedua festival ini sehingga lolos dalam kalender KEN 2024," ujar Sulistiawati.

Ke depannya festival ini menjadi tantangan untuk bisa lebih banyak lagi mendatangkan wisatawan dan meningkatkan jumlah kunjungan ke objek wisata serta lama tinggal di Kabupaten Klungkung. Dalam acara KEN ini Pemkab Klungkung juga ikut berkolaborasi dan berpartisipasi dalam pameran kain endek dari Klungkung dan pementasan parade budaya yakni dengan penampilan Tari Barong ‘Sang Tri Semaya’.

Sandiaga Uno mengatakan, KEN sebagai salah satu program strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai daya tarik wisata yang diharapkan dapat mendorong minat kunjungan wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke berbagai daerah di tanah air dengan peningkatan ekonomi dan kebangkitan sektor lapangan kerja. 7 wan

Komentar