nusabali

Buat Jamu Herbal hingga Dibacakan Kakawin Adi Parwa

Gibran dan Istri Ikuti Wellness Tourism di Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar Selatan

  • www.nusabali.com-buat-jamu-herbal-hingga-dibacakan-kakawin-adi-parwa

Pembacaan kakawin Adi Parwa (Mahabharata) dilakukan oleh Ida Bagus Agung Gunarthawa dari Samsara Living Museum.

DENPASAR, NusaBali
Setelah bertemu dengan pelaku industri kreatif di Bali pada Jumat (26/1) malam, Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2 pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 Gibran Rakabuming Raka melanjutkan kampanye di Bali, Sabtu (27/1). Gibran melakukan sejumlah aktivitas di kawasan wisata Pantai Mertasari, Desa Sanur Kauh, Denpasar Selatan.

Datang sekitar pukul 07.48 Wita, Gibran didampingi istri Selvi Ananda langsung dikerumuni para pendukung yang telah menunggu sejak sekitar pukul 05.00 Wita. Sambil melayani permintaan selfie, Gibran menyusuri pantai menuju salah satu gazebo di sisi timur.

Di sana, Gibran bersama Selvi kemudian secara khusus mengikuti kegiatan wellness tourism, dibacakan kakawin Adi Parwa (Mahabharata) oleh Ida Bagus Agung Gunarthawa dari Samsara Living Museum.  

“Ya, wellness tourism, untuk healing-healing aja minum semacam jamu kelor gitu. Seperti di Solo juga ada,” kata Gibran kepada awak media.

Selain mempelajari kakawin, Gibran dan istri di atas gazebo juga mencoba membuat jamu herbal. Gunarthawa mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun ekosistem dan memposisikan diri untuk menggali literasi. “Dalam konteks wellness Bali, kami sudah punya banyak sekali literasi. Salah satunya Ayurweda, usada,” ujarnya.


Usai mengikuti kegiatan wellness tourism, Gibran pun lanjut sarapan nasi jinggo bersama ratusan simpatisan yang sudah menunggu di bibir Pantai Mertasari.

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto–Gibran, Rosan Roeslani, yang ikut mendampingi kegiatan Gibran mengungkapkan, kunjungan Gibran kali ini di Bali untuk menjaga silaturahmi dan mendapatkan masukan dan input dari pelaku industri terutama pariwisata.

“Dalam hal ini supaya Bali pariwisatanya bisa terus berkembang dan berjalan dengan baik, di saat bersamaan mendapatkan masukan yang lebih komprehensif lagi,” tutur mantan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat.

Menurutnya persoalan pariwisata tidak bisa diamati dari jauh, namun harus dilihat dan dirasakan secara langsung. Ruslan mengatakan, Cawapres Gibran ingin pariwisata terus berkembang termasuk pada saat bersamaan dapat menjaga lingkungan, keharmonisan, dan kelestarian Bali.

“Jadi tidak semata-mata hanya mendorong pariwisata tapi juga kesinambungan dan keharmonisan bisa terjaga di Bali. Itu yang lebih penting,” tandas pria yang mempersunting perempuan Bali, itu.


Ruslan mengelak anggapan bahwa kedatangan kembali Gibran di Bali dua pekan selang kedatangannya yang pertama membuntuti Cawapres Nomor Urut 1 Muhaimin Iskandar yang juga menyapa pendukungnya di Bali pada Jumat (26/1).

Dia menyebut, setelah mengunjungi Papua, Cawapres Gibran ingin kembali menyapa masyarakat Bali sebelum kembali melanjutkan penerbangan ke Jakarta.

“Bukan berdasar paslon lain. Kita menjalankan program visi misi kita sesuai dengan apa yang kita lihat. Memang waktu kan tidak panjang, jadi diusahakan untuk bisa mampir di banyak tempat sehingga mempunyai dampak yang lebih baik,” tandas Ruslan. 7 a

Komentar