nusabali

Striker Kirgistan Disanjung, Pelatih Oman Langsung Dipecat

  • www.nusabali.com-striker-kirgistan-disanjung-pelatih-oman-langsung-dipecat

JAKARTA, NusaBali - Timnas Indonesia lolos dari lubang jarum di Piala Asia 2023, setelah jadi tim terakhir lolos ke 16 besar. Pencapaian itu karena Kirgistan menahan imbang Oman 1-1 dalam laga terakhir penyisihan Grup F di Abdullah bin Khalifa Stadium, Kamis (26/1) malam WITA.

Akibat hasil itu, striker Kirgistan Joel Kojo memupuskan ambisi Oman berkat golnya pada menit ke-80. Gol Kojo itu juga membuat pelatih Oman Branko Ivankovic dipecat dari jabatannya, usai timnya tersingkir dari Piala Asia 2023.

Setelah Timnas dipastikan lolos 16 besar, warganet Indonesia sebagai fans Timnas Garuda langsung membanjiri akun Instagram pribadi Joel Kojo. Publik Indonesia pun memberi sanjungan kepada striker Kirgistan. Bahkan memberi nama panggilan kesayangan ‘Mas Joko’, yang diambil dari penggalan suku kata pertama Joel Kojo.

Berkat gol penyeimbang Kojo, pasukan Shin Tae-yong menjadi peraih peringkat ketiga terbaik menyusul Suriah (Grup B), Palestina (Grup C), dan Yordania (Grup C) masing-masing dengan koleksi empat poin. Sedangkan Indonesia hanya tiga poin.

Kirgistan dan Oman dalam setahun terakhir ini saling mengalahkan. Kirgistan ditundukkan Oman 0-1 pada perebutan peringkat ketiga dalam Piala CAFA (Asosiasi Sepakbola Asia Tengah), 20 Juni 2023. Namun Kirgistan membalas kekalahan atas Oman dengan skor identik di putaran kedua kualifikasi Grup D Zona Asia untuk Piala Dunia 2026. Asosiasi Sepak Bola Oman (OFA) langsung memecat Branko Ivankovic dari jabatan pelatih tim nasional.

"OFA memecat pelatih nasional Branko Ivankovic setelah tim tersebut tersingkir dari Piala Asia di Doha, pada Kamis (25/1)," tulis The Arabian Stories, Jumat (26/1).

Pelatih asal Kroasia itu menangani Oman sejak 2020. Di bawah sentuhannya, Oman meraih kemenangan bersejarah atas Jepang 1-0 pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022, 2 September 2021.

Karena keberhasilannya itu, Ivankovic mendapat perpanjangan kontrak dari Oman hingga 2024. Namun kini kontrak Ivankovic diputus usai Oman tersingkir dari Piala Asia 2023.

Oman gagal lolos ke babak 16 besar usai main imbang 1-1 lawan Kirgistan pada laga terakhir Grup F, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis (25/1). Kekalahan itu membuat Oman finis di peringkat ketiga Grup F dengan dua poin dari tiga laga yang dijalani. *

Komentar