nusabali

UIC Creative Showcase 2024: Kreativitas Mahasiswa dalam Penyelamatan Terumbu Karang

  • www.nusabali.com-uic-creative-showcase-2024-kreativitas-mahasiswa-dalam-penyelamatan-terumbu-karang

MANGUPURA, NusaBali.com - Sebagai negeri maritim tropis, Indonesia memikul tanggung jawab monumental dalam melestarikan terumbu karang, rumah bagi 67 persen spesies karang dunia. Terumbu karang bukan hanya tempat tinggal bagi beragam biota laut, melainkan juga penjaga pantai dari derasnya abrasi.

Ajang UIC Creative Showcase 2024 menjadi respons para mahasiswa UIC College terhadap panggilan ini? Perhelatan ini tak hanya mengekspos bakat seni, tetapi juga menggugah kesadaran akan pelestarian alam.

UIC College, bagian dari program pendidikan internasional USG Education di Indonesia, memahami betul pentingnya merangkum kekayaan lokal, mengintegrasikannya dalam kurikulum, dan membawa semangat kreativitas ke panggung global.

Misinya sederhana, tetapi monumental: Membekali generasi mendatang dengan kreativitas, inovasi, dan pemahaman mendalam akan budaya, sambil menjadi pelopor dalam pelestarian lingkungan.

Partisipasi aktif UIC College dalam program Coral Foster Parents yang diadakan oleh Aquanest tidak sekadar mengikuti arus, melainkan menciptakan karya seni inspiratif di berbagai bidang seperti desain grafis, tata busana, musik, dan ide bisnis. Semua karya tersebut bertujuan memperkenalkan dan mendukung program Coral Foster Parents.

"Kreativitas mahasiswa bukan sekadar ide-ide cemerlang, tetapi juga transformasi ide menjadi tindakan nyata demi keberlanjutan lingkungan. Saya bangga melihat para siswa UIC College berkontribusi signifikan terhadap pelestarian alam di Indonesia melalui karya-karya mereka," kata Adhirama G Tusin, Presiden Direktur USG Education.

Selama empat hari, 15 hingga 18 Januari 2024, UIC College menggelar UIC Creative Showcase 2024 di Bali. Puncak acara dilangsungkan di The Nest Hotel Nusa Dua pada tanggal 18 Januari, menyajikan wadah bagi mahasiswa dari berbagai jurusan untuk mengekspresikan kreativitas mereka dengan tema ‘Save the Ocean.’

Karya seni dan ide bisnis yang ditampilkan tidak sekadar estetis, melainkan juga sarat akan pesan moral tentang urgensi menjaga kelestarian lingkungan.

Dalam rentang waktu 8 jam (09.00 - 17.00 WITA), para siswa UIC College mempersembahkan beragam karya kreatif, mulai dari Business Ideas, Fashion Show, Application & Website Design Ideas, Music Performances, hingga Arts Exhibition (Accessories and Mock-up Installation).

"Melalui UIC Creative Showcase 2024, kami mengundang mahasiswa untuk menjadi agen perubahan melalui kreativitas. Karya mereka bukan hanya sekadar visual, tetapi sebuah cerita tentang bagaimana kita semua dapat berperan aktif dalam membuat perbedaan," ujar Aimee Sukesna, Head of USG Education BSD Campus.

Salah satu karya yang menjadi sorotan adalah mural yang memvisualisasikan keindahan terumbu karang. Mural ini dikreasikan oleh sekelompok mahasiswa UIC College dari jurusan desain grafis, menggunakan cat dengan bahan ramah lingkungan.

Mural ini dilakukan secara langsung dan ditampilkan secara permanen di salah satu sudut utama Aquanest Experience, Tanjung Benoa, Nusa Dua, Bali. Hasil karya luar biasa ini juga menarik minat para wisatawan yang berkunjung dan menjadikannya sebagai spot untuk berfoto.

Karya seni lainnya yang tampil adalah pakaian yang juga dirancang dari bahan ramah lingkungan. Dikembangkan oleh mahasiswa jurusan tata busana, pakaian ini memiliki motif dan detail yang mencerminkan keindahan terumbu karang.

Tidak hanya karya seni, UIC Creative Showcase 2024 juga memamerkan ide bisnis kreatif yang berfokus pada pelestarian terumbu karang. Salah satu di antaranya adalah platform edukasi online tentang pelestarian terumbu karang, dikembangkan oleh sekelompok mahasiswa UIC College dari jurusan bisnis. Platform ini akan menyajikan berbagai informasi mengenai pentingnya terumbu karang dan langkah-langkah menjaga kelestariannya.

Salah satu karya lain yang membuat para juri dan pendiri Aquanest Experience tertarik adalah ide jenius, kreatif dan inovatif tentang cara melestarikan terumbu karang. Ide tersebut ditunjukkan melalui presentasi dan mock-up installation yang dikreasikan oleh sekelompok mahasiswa UIC College dari jurusan desain grafis.

UIC Creative Showcase 2024 bukan hanya sebuah acara, tetapi sebuah perjalanan seni yang mengajak kita merenung, berpartisipasi, dan bertindak. Bersama-sama meretas batas kreativitas dan menyelamatkan terumbu karang, langkah demi langkah, karya demi karya. Sebuah narasi yang membuktikan bahwa kreativitas memiliki kekuatan untuk menyelamatkan alam.

"Seni memiliki kekuatan untuk menyampaikan pesan. Saya sangat mengapresiasi inisiatif UIC College dalam menggelar UIC Creative Showcase 2024. Selain sebagai sarana edukasi, saya yakin acara ini dapat menjadi sumber inspirasi bagi semua untuk merenungkan tanggung jawab kita terhadap alam," ungkap Hanugerah Kristiono Liestiandre, Dosen Program Studi Destinasi Wisata Poltekpar Bali.
 
Vera Damayanti, tenaga ahli bidang pariwisata dan ekonomi kreatif yang menjadi salah satu juri dalam kegiatan berbagi pandangannya, “Karya seni dan ide bisnis kreatif yang ditampilkan dalam acara ini adalah kontribusi berharga dari generasi muda untuk melestarikan terumbu karang di Indonesia. Karya-karya para siswa UIC College tersebut tidak hanya indah dan kreatif, melainkan juga sarat akan pesan moral tentang urgensi menjaga kelestarian lingkungan.”
 
Dengan semangat Green Creativepreneurship, UIC College mengajak generasi muda untuk bergabung dalam perjalanan mereka menuju prestasi yang lebih besar dan turut serta dalam menciptakan perubahan positif bagi masyarakat. Dengan mengombinasikan pendidikan berkualitas global dan nilai-nilai kepedulian sosial, USG Education membawa harapan bagi masa depan yang lebih baik.
 
“Saya berharap kegiatan-kegiatan seperti ini bisa menjadi momentum bagi generasi muda untuk menunjukkan peran mereka dalam pelestarian lingkungan. Melalui karya-karya mereka, generasi muda dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan terlibat dalam usaha pelestariannya," tutup Dirga Adhi Putra Singkarru, CEO dari AquaNest Experience. 

Komentar