nusabali

Angin Kencang Tak Pengaruhi Aktivitas Penerbangan

  • www.nusabali.com-angin-kencang-tak-pengaruhi-aktivitas-penerbangan

MANGUPURA, NusaBali - Angin kencang sempat menerjang sejumlah wilayah di Bali dalam beberapa hari terakhir. Tapi syukurnya aktivitas penerbangan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, tetap berjalan tanpa hambatan.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I I Gusti Ngurah Rai Pande Putu Hadi Wiguna, mengatakan meskipun angin kencang melanda Bali dalam tiga hari terakhir, terutama pada 20 hingga 22 Januari 2024, penerbangan di Bandara Ngurah Rai tidak terlalu terpengaruh. Sebab, kata dia, arah angin berhembus dari arah Barat, yang mana hal tersebut sejajar dengan runway di Bandara Ngurah Rai.

Dijelaskan, dalam tiga hari terakhir, kecepatan angin maksimum yang tercatat mencapai 29 knot. Namun, pada hari Rabu (24/1), rata-rata kecepatan angin menurun menjadi 10 knot, dengan kecepatan maksimum mencapai 16 knot. Bahkan prediksi trend angin kencang di Bali cenderung menurun ke depannya, lantaran pemicu angin kencang, yaitu siklon tropis anggrek, bergerak ke arah barat daya menjauhi wilayah Indonesia.

“Terkait angina kencang ini, prediksi ke depan trendnya akan semakin menurun, dikarenakan pemicu angin kencang saat ini tropical cyclone (TC) atau siklon tropis anggrek bergerak ke arah barat daya menjauhi Indonesia,” kata Wiguna.

Untuk memastikan masyarakat tetap mendapatkan informasi terkini, BMKG secara aktif menyebarkan update informasi dan prakiraan cuaca melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Hal ini dilakukan guna memberikan informasi yang akurat dan dapat diandalkan kepada masyarakat, maskapai, dan pihak terkait di Bandara Ngurah Rai. “Untuk update informasi dan prakiraan cuaca di Bandara Ngurah Rai, kami sebarkan melalui media sosial Instagram, Facebook dan Twitter,” ucapnya.

Dikonfirmasi terpisah, General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan menyampaikan meskipun beberapa wilayah di Pulau Bali dilanda angin kencang, namun hal tersebut tidak berdampak bagi operasional penerbangan di salah satu bandara tersibuk di Indonesia itu. “Terkait dengan adanya angin kencang di beberapa wilayah Pulau Bali, dapat kami sampaikan bahwa fenomena tersebut tidak berdampak bagi operasional penerbangan di Bandara Ngurah Rai,” tegasnya.

Saat ini, operasional penerbangan di Bandara Ngurah Rai berjalan dengan aman dan lancar. Handy menegaskan terus berkoordinasi dengan Stasiun Meteorologi Ngurah Rai serta AirNav untuk memantau situasi cuaca di sekitar bandara. “Kami senantiasa melakukan koordinasi untuk memantau situasi cuaca di sekitar bandara demi memastikan keselamatan penerbangan,” katanya. 7 ol3

Komentar