nusabali

Geliat Gempita Anak Kota Denpasar 2024, Antusias Peserta Tinggi

  • www.nusabali.com-geliat-gempita-anak-kota-denpasar-2024-antusias-peserta-tinggi

DENPASAR, NusaBali.com - Geliat partisipasi anak-anak dalam mengikuti program Gempita Anak Kota Denpasar 2024, sudah mulai terasa selama masa-masa pendaftaran yang tengah berlansung.

Banyak peserta dari tingkat sekolah menengah se-Kota Denpasar sudah mulai berdatangan, mendaftarkan dirinya agar bisa ikut ambil bagian dalam event yang selalu diadakan setiap tahunnya itu.

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Denpasar, dan Forum Anak Kota Denpasar, menetapkan kriteria para peserta yang dapat mendaftarkan diri, adalah anak-anak yang berusia kurang dari 17 tahun, mulai tingkat SMP hingga SMA.

I Made Dwi Yudiantara, selaku penanggung jawab kegiatan, menyebut kriteria yang digunakan dalam proses pendaftaran pastinya diperuntukkan bagi anak-anak Kota Denpasar, yang dilihat dari alamat domisili. Selain itu, bagi anak-anak yang diketahui bertempat tinggal di luar Denpasar, tapi bersekolah di sekitar wilayah Kota Denpasar tetap mendapat kesempatan untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.

“Dari tanggal 26 Desember 2023 sampai hari ini, total peserta yang sudah mendaftar berjumlah 50 anak,” kata Yudi saat ditemui Kamis (18/1/2024).

Yudi menyampaikan bahwa jalur pendaftaran bagi para peserta ini masih dibuka oleh pihak panitia, dan akan ditutup pada tanggal 26 Januari 2024 mendatang. Setelah melalui proses pendaftaran, para peserta akan mengikuti technical meeting pada tanggal 27 Januari 2024. Selanjutnya pada tanggal 2 sampai 4 Februari 2024, masing-masing peserta menjalani tes tertulis dan wawancara.

Untuk tahun ini, Gempita Anak Kota Denpasar mengusung tema Abisatya Amerta. Tema ini menyiratkan sebuah makna mendalam tentang seorang anak yang secara tulus ikhlas mengabdi dan berjuang untuk tanah kelahirannya. Selama kegiatan itu berlangsung, para peserta akan dibekali dengan materi seputar tema yang diangkat, termasuk juga pendidikan mengenai Konvensi Hak Anak.

Dari rangkaian acara tersebut, panitia akan menilai setiap peserta yang berhak melangkah ke tahap selanjutnya. Kriteria penilaian tersebut meliputi penguasaan materi, kemampuan bersosialisasi, serta terampil dalam membangun dan aktif dalam organisasi.

“Dari jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini, akan dipilih 10 finalis yang akan bertarung dalam grand final nantinya,” Yudi menerangkan.

Sebanyak 10 finalis tersebut akan memperebutkan 5 tempat sebagai perwakilan dari anak-anak Kota Denpasar dalam mengikuti Mimbar Anak Bali XV tahun 2024. Lima anak sebagai delegasi itu, akan berperan dalam masing-masing komisi, antara lain komisi pendidikan, kesehatan, perlindungan khusus, partisipasi, dan jaringan.

Rencananya, kegiatan Gempita Anak Kota Denpasar 2024 akan dilaksanakan di Gedung Shanti Graha. Sedangkan babak grand final dilangsungkan di Dharma Negara Alaya. *ol4

Komentar