nusabali

Monumen Bom Bali Akan Dipermak

  • www.nusabali.com-monumen-bom-bali-akan-dipermak

MANGUPURA, NusaBali - Monumen peringatan tragedi kemanusiaan Bom Bali atau Ground Zero akan dipermak. Rencana perbaikan Monumen Bom Bali itu disampaikan Ketua LPM Kelurahan Kuta Putu Adnyana usai mengikuti rapat bersama dengan instansi terkait pada Selasa (16/1).

Adnyana mengatakan dalam rapat itu fokus utamanya terkait rencana perbaikan Monumen Bom Bali. Termasuk upaya mendapatkan tanah eks Sari Club untuk disulap menjadi atau museum.

Namun, meskipun rencana perbaikan sudah direncanakan sejak awal, masih terdapat beberapa aspek yang perlu diatur lebih lanjut. “Nanti polanya seperti apa, nanti akan kami konsepkan,” ujar Adnyana pada Kamis (18/1) siang.

Lebih lanjut dikatakan, pada awal Februari LPM Kelurahan Kuta juga berencana bertemu dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa guna membahas implementasi rencana tersebut. Sekaligus nanti merencanakan konsep pengelolaan eks Sari Club, apakah akan dijadikan taman kota atau museum ke depannya. Meskipun rencana sudah mulai diatur, Adnyana menekankan bahwa pola lanjutan belum dapat dijelaskan pada saat ini.

“Kalau planningnya sudah ada tetapi belum pasti. Kami berharap agar monumen ini dapat diperhatikan baik dari segi ketertiban, keamanan, kebersihan, dan kita mohon agar Ground Zero ini dijadikan sejenis museum, artinya itu merupakan suatu kesatuan. Kami lihat dahulu bagaimana dari pemerintah terkait penataan, setelah Mei pasti akan dilakukan perbaikan kerusakan yang terjadi di Monumen Bom Bali,” kata Adnyana.

Dalam upaya menjaga nilai sejarah dan budaya, LPM Kelurahan Kuta berencana untuk bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan terkait arsip dan museum ke depannya.

“Untuk saat ini pengelolaan juga belum ada, sehingga kami harapkan itu kepada pemerintah Kabupaten Badung dalam hal ini Dinas Pariwisata. Terkait pengelolannya lebih lanjut kita bicarakan,” katanya. 7 ol3

Komentar