nusabali

Wawali: Ajukan Program Strategis yang Sentuh Kepentingan Masyarakat

Pembukaan Musrenbang RKPD Denpasar Utara

  • www.nusabali.com-wawali-ajukan-program-strategis-yang-sentuh-kepentingan-masyarakat

DENPASAR, NusaBali - Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kecamatan Denpasar Utara (Denut) di Graha Sewaka Darma, Lumintang, Rabu (17/1), ditandai dengan pemukulan gong.

“Di Musrenbang RKPD ini dapat dilakukan diskusi membahas program prioritas, serta sinkronisasi program dari Pemkot Denpasar, baik dalam peningkatan infrastruktur, tata kelola sampah, pendidikan hingga kesehatan,” ujar Wawali Arya Wibawa dalam sambutan di acara yang dihadiri Ketua Komisi I DPRD Denpasar I Ketut Suteja Kumara, Ketua Komisi III DPRD Denpasar Eko Supriadi, dan anggota DPRD Denpasar Dapil Denpasar Utara. Hadir pula Kepala Bappeda Denpasar I Putu Wisnu Wijaya Kusuma, perwakilan Polsek Denpasar Utara, serta perwakilan Koramil 1611-01 Denpasar Timur.

Wawali Arya Wibawa mengatakan, dampak kemajuan Kota Denpasar dari pertumbuhan di segala bidang khususnya di Kecamatan Denpasar Utara dapat dibahas di Musrenbang RKPD. Sehingga program-program yang akan dituangkan merupakan program strategis maupun prioritas yang dapat menyentuh kepentingan masyarakat, serta dapat mewujudkan pembangunan berkesinambungan.

Disampaikan, berdasarkan RPJMD Semesta Berencana Kota Denpasar Tahun 2021-2026, maka arah kebijakan pembangunan di tahun ketiga yakni 2024 dilaksanakan untuk memastikan prasarana wilayah harus menunjukkan hasil yang nyata.

“Permasalahan yang timbul dapat dituangkan dalam usulan kegiatan yang bersinergi antara top down dan bottom up dalam mewujudkan pembangunan yang berkesinambungan,” katanya.

Camat Denpasar Utara I Wayan Yusswara menyatakan, materi Musrebang RKPD 2025 di Kecamatan Denut yang kali ini mengusung tema ‘Peningkatan Kapasitas SDM untuk Pertumbuhan yang Berkualitas’, akan membahas usulan sesuai dengan yang telah diajukan oleh desa/kelurahan se-Kecamatan Denut yang berjumlah 66 buah usulan ditujukan kepada enam OPD. Rinciannya, Dinas Perhubungan sebanyak 5 usulan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang sebanyak 57 usulan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga sebanyak 1 usulan, Dinas Pertanian sebanyak 1 usulan, dan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan sebanyak 2 usulan. Keseluruhan usulan tersebut dengan perkiraan anggaran sebesar Rp 41 miliar lebih.

“Rincian keseluruhan anggaran tersebut berada di bidang fisik/infrastruktur dengan 66 usulan. Musrenbang RKPD Kecamatan Denut akan melaksanakan pembahasan yang dibagi menjadi per kelompok sesuai dengan bidangnya masing-masing,” kata Yusswara. @ mis

Komentar