nusabali

Indonesia Incar Peringkat Tiga Grup D

Shin Tae-yong Rancang Skenario Bikin Kesal Jepang

  • www.nusabali.com-indonesia-incar-peringkat-tiga-grup-d

STY sendiri punya rencana membawa anak asuhnya lolos ke 16 besar Piala Asia 2023, salah satunya dengan membuat Jepang kesal. STY berharap meraih setidaknya satu hasil imbang dan satu kemenangan.

DOHA, NusaBali
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkapkan dirinya berharap skuad Garuda finis di posisi tiga klasemen Grup D Piala Asia 2023. Pasalnya, Indonesia ada di grup berat, karena harus berhadapan dengan Jepang, Irak, plus Vietnam.

Meloloskan diri dari Grup D jelas bukan perkara mudah. Tapi Shin Tae-yong menargetkan membawa tim asuhannya ke 16 besar. Menurutnya, untuk bisa menang melawan Jepang dan Irak akan sangat berat. Namun masih ada peluang Indonesia bisa menang atas Vietnam, apalagi ada banyak pemain utamanya cedera.

Sekarang ini belum jelas apakah Indonesia akan bisa melaju ke babak 16 besar atau tidak. Namun jika ternyata skuad Garuda punya peluang lolos, STY punya perhitungan agar terhindar dari lawan berat di babak berikutnya.

STY mengatakan dirinya ingin skuad Garuda finis di peringkat ketiga grup D daripada peringkat kedua. Dengan demikian mereka bisa menghindari Timnas Korea Selatan di babak knockout.

"Peluang untuk menang sangat kecil. Lebih mudah untuk meraih posisi ketiga. Mungkin ada kejutan. Itu semua bisa dilakukan atau tidak sama sekali," kata  pelatih yang menangani Korsel di Piala Dunia 2018 itu.

STY sendiri sudah punya rencana membawa anak-anak asuhnya lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023, salah satunya dengan membuat Jepang kesal. STY mengaku sudah punya skenario untuk memenuhi target tersebut. Dia berharap dapat meraih setidaknya satu hasil imbang dan satu kemenangan. 

"Saya memikirkan satu kemenangan, satu seri, dan satu kekalahan di penyisihan grup. Vietnam harus dikalahkan, dan Irak setidaknya harus meraih hasil imbang," kata STY kepada SportsSeoul.com.

"Jepang sejujurnya di level berbeda. Ini tidak akan mudah, tapi saya berencana mengusik mereka. Saya rasa kita bisa membuat kejutan jika kita tidak melakukan kesalahan sendiri,” ujar STY sambil tersenyum.

Selama masa uji coba jelang Piala Asia 2023, baik melawan Libya dan Iran, Indonesia cukup akrab dengan kesalahan. Mereka pun terus menuai kekalahan. STY berharap di Qatar nanti, anak-anak asuhnya tak lagi berbuat kesalahan. Dengan demikian peluang lolos ke babak 16 besar akan terbuka cukup lebar.

“Saya sering memberi tahu para pemain, 'Kamu bisa melakukannya', 'Percaya pada diri sendiri', dan 'Jangan takut melakukan kesalahan. Sepakbola adalah olahraga yang dimainkan dengan kaki. Kesalahan pasti akan terus terjadi. Bagian itu perlu dikurangi," kata STY.

STY sendiri tidak ambil pusing melihat status Timnas Indonesia sebagai tim dengan ranking FIFA kedua paling rendah di Piala Asia 2023. Bagi STY, catatan itu hanyalah sebuah angka.

Dari ranking FIFA terbaru pada 21 Desember 2023, Indonesia fi posisi ke-146, hanya lebih baik daripada sesama kontestan Piala Asia 2023, Timnas Hong Kong, yang di peringkat ke-150. Sedangkan Jepang jadi kesebelasan dengan ranking FIFA tertinggi karena di posisi ke-17.

Posisi Indonesia juga kalah jauh dari Irak di posisi ke-63 dan Vietnam di peringkat ke-94. *

Komentar