nusabali

Bupati Giri Prasta Optimistis LRT Terealisasi

Kirim Tim Dampingi Menhub ke Korea Selatan

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-optimistis-lrt-terealisasi

MANGUPURA, NusaBali - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta optimistis proyek Light Rail Transit (LRT) di Bali bakal segera terwujud. Bahkan tim Pemkab Badung telah diutus mendampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi ke Korea Selatan untuk meninjau dan membahas mengenai LRT tersebut.

Bupati Giri Prasta mengatakan, proyek LRT ini sebagai upaya untuk peningkatan infrastruktur menunjang pariwisata di Kabupaten Badung khususnya dan Bali umumnya. “Kita akan melihat Bali 1.000 tahun lagi, sehingga modernisasi ke bawah akan dilakukan dengan baik. Salah satunya membangun LRT,” kata Bupati Giri Prasta saat penyerahan berita acara serah terima pinjam pakai Gedung Graha Pemilu Alaya Giri Nata (Gedung Kantor KPU dan Bawaslu Badung) kepada KPU dan Bawaslu RI, Kamis (11/1).

Sebelumnya, Bupati Giri Prasta mengikuti rapat penajaman rencana pembangunan LRT yang terbentang dari kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menuju Kuta, Seminyak hingga Canggu. Rapat dipimpin langsung oleh Menhub Budi Karya Sumadi bertempat di ruang pertemuan Kantor Otoritas Bandara Ngurah Rai pada Desember 2023.

Diakui secara faktual ada dua hal yang melatarbelakangi rencana pembangunan moda transportasi terintegrasi di wilayah Kabupaten Badung/Bali ini. Budi Karya menyebutkan, pertama Bali adalah showcase dari pariwisata internasional. Kedua, memang terjadi kemacetan yang kronis yang bisa menjadi bumerang apabila tidak  ditangani.

“Karena sama dengan Jakarta, kita akan membuat format bahwa Penanggung Jawab Proyek Kerjasamanya (PJPK) itu adalah Pemda, dan Pemerintah Pusat akan mendukung dari segi teknis, dan sebagai minoritas.  51 persen Pemda dan 49 persen Pemerintah Pusat, jadi baik capex maupun opex Bapak Pj Gubernur dan Bapak Bupati telah bersedia menjadi penyanggah mendanai capex dan opex ini,” ujarnya.

Menteri Budi Karya menambahkan, rencana pembiayaan pembangunan LRT ini tidak hanya dengan satu konsep saja, tetapi bisa juga melalui skema loan

“Ada satu negara sudah menyetujui loan untuk tahap pertama, tapi kita akan kombinasikan dengan pihak swasta yang sudah akan bersedia untuk turut andil. Jadi intinya, kami ditugaskan untuk melakukan klarifikasi beberapa informasi, semoga ini bisa segera terlaksana,” imbuhnya. 7 ind

Komentar