nusabali

Kelurahan Kawan Bangli Digenangi Banjir

  • www.nusabali.com-kelurahan-kawan-bangli-digenangi-banjir

BANGLI, NusaBali - Banjir kembali melanda wilayah kota, tepatnya di Jalan Kusuma Yuda, Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli. Seperti yang terjadi pada Senin (8/1) sore. Beberapa hari sebelumnya, saat hujan banjir juga melanda jalur tersebut.

Disisi lain, upaya penanganan banjir sudah dilakukan termasuk dengan rehabilitasi saluran drainase. Kabid Bina Marga Dinas PUPR Perkim Bangli I Wayan Lega Suprapto, saat dikonfirmasi, menampik kondisi tersebut. Dikatakan, kegiatan fisik berupa rehabilitasi saluran drainase yang telah dilakukan pemerintah tidak mampu memecahkan masalah banjr yang terjadi.

Ruas jalan yang terendam, akibat curah hujan yang tinggi, sehingga proses air masuk ke trotoar tidak maksimal karena bak penangkap air lubangnya kecil. Bahkan hal ini diperparah lagi dengan tertutupnya bak penangkap oleh sampah sehingga menyebabkan air mengalir di jalan.

"Jika lubang bak penangkap di perbesar ditakutkan nantinya sampah  akan masuk ke dalam drainase, sehingga memicu kerusakan yang lebih parah lagi,” jelasnya, Selasa (9/1).

Lega Suprapto mencontohkan pula, saluran air di utara Alun-alun Bangli masih dipenuhi sampah. “Saat dilakukan pembersihan saluran drainase di utara alu-alun  masih kita temukan banyak sampah ini menandakan masih ada warga yang membuang sampah  secara sembarangan,” tegasnya.

Pihaknya meminta kesadaran dari masyarakat untuk tidak membuang sampah secara sembarangan karena dapat memicu tersumbatnya saluran drainase  sehingga menyebabkan air meluber ke jalan.

Disinggung apakah drainase khususnya untuk di Jalan Kusuma Yuda (depan kantor pos) sudah terkoneksi hingga ke barat (perbatasan Bangli-Susut), pejabat asal Desa Manikliyu, Kecamatan Kintamani ini sudah terkoneksi. Dengan begitu air dari timur langsung mengalir  ke barat hingga ke sungai Sangsang. 7esa

Komentar