nusabali

Murid TK Diperkenalkan Tata Cara Memadamkan Api

  • www.nusabali.com-murid-tk-diperkenalkan-tata-cara-memadamkan-api

DENPASAR, NusaBali - Murid Taman Kanak-kanak Kumara Santi V, Kelurahan Serangan, Denpasar Selatan diperkenalkan mengenai tata cara memadamkan api oleh petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Denpasar, Senin (8/1). Mereka diberikan edukasi sejak dini agar bisa ikut mengendalikan bencana kebakaran jika suatu saat menemukan kebakaran di sekitar tempat tinggal mereka.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Denpasar  I Made Tirana, mengatakan kegiatan sosialisasi peningkatan edukasi pengurangan risiko bencana kebakaran sejak dini, ini sebagai bagian dari bidang pencegahan Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Denpasar. Kegiatan kali ini melibatkan murid Taman Kanak-kanak Kumara Santi V, Kelurahan Serangan.

Edukasi ini juga difasilitasi PT Pertamina Niaga FT Sanggaran dalam memberikan dukungan kepada anak-anak, orangtua, dan guru tentang tata cara pemadaman api dalam kondisi kegawatdaruratan, serta memberikan pemahaman dasar tentang bahaya api.


“Sejak dini mereka dapat melatih keterampilan keamanan, dan meningkatkan kesadaran terhadap tindakan pencegahan kebakaran yang menggunakan sarana  karung goni, drum, elpigi, dan apar yang dipandu dua orang narasumber dari Damkar dan Penyelamatan Denpasar,” kata Tirana.

Tirana yang juga mantan camat Denpasar Timur ini menyampaikan kolaborasi siswa taman kanak-kanak dengan petugas pemadam kebakaran merupakan langkah positif untuk meningkatkan kesadaran keselamatan. Melibatkan mereka dalam kegiatan bersama dengan petugas damkar dapat memberikan pengalaman langsung, dan pemahaman yang lebih baik tentang peran pemadam kebakaran, serta tindakan yang perlu diambil dalam situasi darurat.

Ini juga dapat menciptakan hubungan positif antara anak-anak dan petugas pemadam kebakaran. “Kami berharap anak-anak dapat mengidentifikasi risiko api, tahu cara mengatasinya, dan menjaga keselamatan diri serta orang di sekitarnya,” tandas Tirana. 7 mis

Komentar