nusabali

Kecelakaan Kereta Api Turangga vs Lokal Bandung, Tiga Orang Tewas

  • www.nusabali.com-kecelakaan-kereta-api-turangga-vs-lokal-bandung-tiga-orang-tewas

BANDUNG, NusaBali.com - Kecelakaan tragis terjadi di jalur kereta api di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/1/2024) pagi. Dua kereta api, yakni KA Turangga (KA Plb 65A) dan KA Commuterline Bandung Raya (KA 350), bertabrakan di petak Stasiun Cicalengka Kecamatan Cicalengka.

Akibat kecelakaan tersebut, tiga orang tewas dan 23 lainnya luka-luka. Salah satu korban tewas adalah masinis KA Turangga yang sebelumnya diberitakan dalam kondisi terjepit dan tidak ada respons.

Kecelakaan terjadi sekitar pukul 06.03 WIB. Saat itu, KA Turangga yang melaju dari Stasiun Bandung menuju Surabaya, tiba-tiba menabrak KA Lokal Bandung yang melaju dari arah sebaliknya.

Kedua kereta api bertabrakan di lokasi yang berjarak sekitar 800 meter sebelum sinyal masuk Stasiun Cicalengka. Tabrakan tersebut mengakibatkan kedua kereta api mengalami kerusakan parah.

Akibat kecelakaan tersebut, jalur kereta api di petak Stasiun Cicalengka-Haurpugur KM 181+700 ditutup sementara untuk proses evakuasi dan penyelidikan.

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mengirimkan tim teknis untuk mengamankan lokasi kejadian. Tim tersebut juga melakukan evakuasi korban dan penyelidikan penyebab kecelakaan.

Penyebab kecelakaan masih dalam penyelidikan. Namun, dugaan sementara, kecelakaan terjadi karena adanya kelalaian teknis atau human error.*ant

Komentar